Tanpa aplikasikan semir, ini cara mencegah rambut beruban pakai kondisioner dari 1 jenis biji-bijian

Tanpa aplikasikan semir, ini cara mencegah rambut beruban pakai kondisioner dari 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Perubahan warna rambut dari hitam atau putih ini biasa dikenal dengan uban ini memang identik dengan adanya proses penuaan yang terjadi pada seseorang. Namun pada kenyataannya, uban juga bisa muncul di usia muda. Kondisi tersebut biasa berkaitan dengan keadaan tubuh yang mengalami stres akibat suatu hal.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres ini dapat mempercepat proses timbulnya rambut putih. Ini dikarenakan adanya perubahan hormon kortisol yang bisa memengaruhi produksi melanin pada rambut.

Itulah beberapa sebab utama mengenai munculnya uban. Namun pada dasarnya, proses uban ini dimulai ketika sel-sel melanosit (yang menghasilkan melanin) ini mengalami penurunan produksi. Terjadinya penurunan aktivitas melanosit dalam folikel rambut ini menyebabkan rambut kehilangan warna secara alami, sehingga mulai muncul lah uban.

Selain disebabkan oleh aktivitas melanosit yang menurun, rambut beruban bisa terjadi karena adanya penumpukkan hidrogen periksida. Ini terjadi seiring dengan bertambah usia seseorang. Dalam kondisi ini tubuh cenderung menghasilkan banyak hidrogen peroksida. Ini dapat menyebabkan pemutihan rambut karena hidrogen peroksida dapat menghancurkan melanin.

Rambut beruban tentunya cukup mengganggu penampilan, tak heran jika banyak orang yang mencari cara mencegah uban. Ada beberapa cara mencegah rambut beruban, seperti menggunakan sampo berformula khusus, dan mengaplikasikan hair mask.

Selain itu, banyak juga yang memilih cara instan yaitu mengaplikasikan semir rambut. Namun cara ini bisa menimbulkan sejumlah masalah baru, seperti kerusakan. Sebagai solusinya kamu bisa lho menggunakan kondisioner alami untuk mencegah rambut beruban.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES