Tanpa aplikasikan cat rambut, ini cara optimalkan sampo untuk cegah uban dan rontok pakai 1 minuman

Tanpa aplikasikan cat rambut, ini cara optimalkan sampo untuk cegah uban dan rontok pakai 1 minuman

Brilio.net - Permasalahan pada kulit kepala yang sering dialami oleh banyak orang adalah rambut rontok dan mulai munculnya uban. Rambut rontok merupakan keadaan di mana seseorang kehilangan rambut lebih banyak dari jumlah normal.

Perlu diketahui, rontoknya rambut butuh melawati beberapa proses. Pertama, rambut tumbuh aktif selama periode yang berlangsung yaitu sekitar dua hingga tujuh tahun atau disebut fase anagen (pertumbuhan). Kemudian, rambut akan memasuki fase transisi atau katagen. Dalam proses ini, rambut berhenti tumbuh dan meluruh dari folikel selama beberapa minggu, biasanya sekitar dua hingga tiga minggu.

Selanjutnya memasuki fase istirahat atau telogen, pada kondisi ini rambut yang rontok tetap dalam fase istirahat selama sekitar dua hingga tiga bulan, sebelum tumbuh kembali. Faktor-faktor yang memengaruhi rambut rontok antara lain, genetika atau keturunan, perubahan hormonal, stres yang berlebih, gaya hidup yang tidak sehat, serta kekurangan nutrisi.

Sementara itu, masalah rambut beruban melibatkan gangguan dalam produksi melanin (pigmen alami yang memberi warna pada rambut). Kondisi ini bisa terjadi ketika sel-sel yang memproduksi melanin di folikel rambut mulai berhenti atau melambat. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu genetika, penuaan, stres, dan gaya hidup yang kurang sehat.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES