Tak perlu yoghurt, ini trik atasi rambut berminyak agar tak timbul ketombe pakai 2 jenis biji-bijian

Tak perlu yoghurt, ini trik atasi rambut berminyak agar tak timbul ketombe pakai 2 jenis biji-bijian

Brilio.net - Rambut berminyak merupakan masalah kulit kepala yang umum terjadi pada sejumlah orang. Bagi mereka yang mengalami rambut berminyak, kondisi ini membuat mereka tidak nyaman. Selain mengganggu penampilan, hal ini bisa menimbulkan sejumlah masalah lain yaitu rambut tampak lepek dan berketombe.

Kondisi rambut berminyak tidak muncul begitu saja. Ada beberapa hal yang mempengaruhi timbulnya masalah kulit ini. Pertama yaitu produksi sebum atau minyak yang berlebihan. Hal ini bisa terjadi karena faktor genetik, hormon, pola makan, dan perawatan rambut yang tidak tepat. Selain itu, kurangnya intensitas membersihkan kulit kepala juga tak luput dari penyebab rambut berminyak.

Sebagai kunci dari kesehatan rambut, kamu bisa menjaga kebersihannya dengan menggunakan sampo yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa mulai merawat kulit kepala dan rambut dengan menggunakan hair serum. Untuk mendapatkan hair serum tersebut kamu tidak perlu membelinya. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memakai bahan-bahan alami.

Selain yoghurt yang umum dipakai, kamu juga bisa memanfaatkan fenugreek dan biji kalonji untuk merawat kesehatan rambut. Fenugreek dan kalonji memiliki sifat astringent yang membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Keduanya memiliki sifat membersihkan sehingga dapat membantu menghilangkan sebum yang menyumbat pada folikel. Hal ini dapat memungkinkan rambut untuk bernapas dan tumbuh lebih sehat. Sementara itu, adanya sifat antijamur dan antibakteri dalam kedua bahan ini mampu mengatasi ketombe.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES