Tak perlu takut botak, ini cara menumbuhkan anak rambut area hairline pakai masker dari 1 bumbu dapur

Tak perlu takut botak, ini cara menumbuhkan anak rambut area hairline pakai masker dari 1 bumbu dapur

Brilio.net - Selain rambut rontok, salah satu tanda pertama dari kebotakan adalah garis rambut (hairline) mundur. Wanita dan pria sama-sama bisa mengalami hal ini, tapi memang lebih sering terjadi pada pria. Dahi yang lebar dan hairline yang terlalu mundur memang menyebabkan permasalahan penampilan.

Garis rambut mundur, disebut juga mature hairline atau receding hairline, biasanya mulai tampak terlihat ketika pria berusia 30-an. Rata-rata, kemunduran dimulai dari garis rambut di atas pelipis pada kedua sisi kepala, sementara garis rambut di bagian tengahnya tetap berada dekat dahi. Pola surutnya garis rambut ini akan membentuk huruf V di atas kepala. Lambat laun, kedua sisi dan bagian belakang kepala bisa botak sehingga tersisa hanya rambut di puncak kepala saja.

Kebalikannya, garis rambut wanita yang mundur pertama kali adalah bagian tengahnya. Lalu, berlanjut hingga ke puncak kepala. Sementara itu, kedua sisi dan bagian belakangnya akan menetap. Pola kemunduran garis rambut ini akan membentuk huruf U. Karena pola tersebut, wanita lebih cenderung mengalami penipisan rambut dibandingkan pemunduran garis rambut.

Oleh karenanya, banyak yang berusaha untuk menumbuhkan rambut-rambut baru untuk mengatasi hal tersebut. Rambut-rambut yang tumbuh di area hairline biasa disebut dengan anak rambut atau baby hair. Anak rambut (baby hair) adalah istilah untuk menyebut rambut-rambut kecil yang tumbuh secara tak beraturan di sekitar garis dahi, leher, dan pusar rambut (dikenal dengan sebutan unyeng-unyeng).

Kemunculan anak rambut sebenarnya patut disyukuri karena menunjukkan bahwa folikel rambut masih sehat dan aktif sehingga dapat menghasilkan helaian rambut baru. Namun sayangnya, pada beberapa kasus, anak rambut tidak lagi tumbuh setelah mengalami kerontokan. Sehingga rambut jadi lebih tipis dan botak.

Sebagai solusi, kamu bisa menumbuhkan anak rambut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya seperti video yang diunggah akun TikTok @sbhasanniha pada 26 Maret 2023 lalu. Melalui video berdurasi 18 detik tersebut, pemilik akun memberikan cara menumbuhkan anak rambut area hairline pakai masker dari 1 bumbu dapur. Bumbu dapur yang digunakan adalah bawang merah. Tak hanya itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu daun kari dan castor oil.

"Naturally grow thinning hairline (Secara alami menumbuhkan garis rambut yang menipis)," katanya dalam video unggahan, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @sbhasanniha, Jumat (16/6).

Cara menumbuhkan anak rambut area hairline pakai masker dari 1 bumbu dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat bawang merah untuk rambut tidak lepas dari berbagai macam kandungan nutrisinya. Sebab, berbagai nutrisi yang dimiliki bawang merah diyakini dapat menyehatkan folikel rambut sehingga meningkatkan ketebalan dan kekuatan rambut. Salah satu manfaat bawang merah untuk rambut adalah merangsang pertumbuhan rambut.

Khasiat ini muncul berkat kandungan sulfur pada bawang merah. Sebuah teori menyatakan, khasiat bawang merah untuk rambut berasal dari kandungan sulfur di dalamnya. Sulfur adalah salah satu zat mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi enzim dan protein. Sulfur ditemukan dalam asam amino yang merupakan komponen dalam protein. Protein, terutama keratin, dikenal kaya akan kandungan sulfur yang dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Tak terkecuali untuk menumbuhkan anak rambut pada area hairline.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES