Tak perlu soda kue, ini trik bersihkan kulit kepala dari ketombe pakai hair mask dari 1 bahan alami

Tak perlu soda kue, ini trik bersihkan kulit kepala dari ketombe pakai hair mask dari 1 bahan alami

Brilio.net - Ketombe merupakan permasalahan umum yang dialami sejumlah orang. Kondisi ini jelas membuat siapapun tidak nyaman, selain menimbulkan rasa gatal, serpihan ketombe yang jatuh di permukaan baju pun membuat kepercayaan diri menurun.

Ketombe biasanya ditandai dengan pengelupasan kulit mati yang berlebih dari kulit kepala. Salah satu penyebab dari munculnya ketombe adalah pertumbuhan jamur malassezia. Adanya jamur ini bisa menyerap minyak alami pada kulit kepala dan menghasilkan asam oleat yang bisa menyebabkan kulit iritasi.

Sementara itu, kulit kepala yang cenderung kering lebih rentan terkena ketombe. Lantaran sering mengalami proses pengelupasan dengan serpihan kulit mati atau terlihat sebagai ketombe. Begitu juga dengan kulit kepala berminyak yang cenderung membuat pertumbuhan jamur malassezia berkembang dengan pesat, sehingga membuat ketombe muncul lebih banyak.

Agar ketombe hilang dari permukaan kulit kepala, hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan treatment khusus. Kamu bisa menggunakan shampo dengan kandungan, seperti pirition zinc, selenium sulfide, ketoconazole, atau asam salisilat yang dapat membantu mengontrol pertumbuhan jamur dan mengurangi ketombe.

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengatasi ketombe menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami. Hanya membutuhkan dua bahan yaitu lemon dan yoghurt. Kedua bahan ini mempunyai manfaat dan kandungannya masing-masing.

Yoghurt adalah sumber kelembapan alami yang baik. Ketika digunakan pada kulit kepala, yoghurt dapat membantu melembapkan kulit kepala yang kering dan membantu mengurangi ketombe. Kandungan probiotik pada bahan ini mampu mengurangi peradangan, dan menyehatkan kulit kepala. Bahkan kandungan asam laktat bisa digunakan untuk eksfoliasi, sehingga sel-sel kulit mati terangkat.

Sementara itu, lemon mengandung zat antimikroba alami yang bisa mengatasi jamur malassezia. Kandungan asam sitrat di dalam lemon juga membantu memperbaiki warna kulit kepala. Selain itu, lemon juga menjadi pembersih alami yang membantu membersihkan kulit dari kotoran dan minyak.

Kamu tertarik untuk menghilangkan ketombe dari hair mask alami tersebut? Bagi kamu yang ingin menggunakannya, yuk simak informasi di bawah ini.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES