Tak perlu smoothing, begini cara menghidrasi rambut kering agar kembali lembut pakai 1 jenis buah

Tak perlu smoothing, begini cara menghidrasi rambut kering agar kembali lembut pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Setiap orang pasti memiliki masalah rambutnya masing-masing. Salah satu permasalahan rambut yang umum dialami oleh kebanyakan orang adalah rambut kering. Rambut kering terjadi saat kulit kepala tidak dapat memproduksi minyak yang cukup untuk melembapkan rambut, atau rambut kehilangan kelembapannya akibat kerusakan kutikula (lapisan pelindung rambut).

Kondisi ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai dari faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, penggunaan alat styling secara berlebihan, hingga faktor internal seperti mengidap penyakit. Ada enam ciri-ciri rambut kering yang perlu kamu tahu, yaitu rambut bercabang dan gampang rontok, rambut kusut, rambut mengembang, rambut kusam dan tidak berkilau, warna rambut berubah menjadi lebih terang (misalnya dari hitam menjadi cokelat atau kemerahan), dan rambut kaku atau terasa keras.

Rambut kering juga bisa disebakan oleh beberapa hal, seperti salah menggunakan jenis sampo atau sering memakai alat styling. Ditambah lagi dengan fakta bahwa seiring dengan bertambahnya usia, maka semakin rentan pula kita mengalami kerusakan rambut. Hal ini terjadi akibat kondisi folikel rambut yang menurun.

Saat rambut kering terjadi, lapisan luar rambut mengelupas sehingga membuat rambut frizzy atau kusut, kusam, mudah patah, dan juga disertai kulit kepala yang mengering. Lebih parah lagi, kulit kepala yang kering ini akan mengelupas dan bisa menyebabkan ketombe gatal.

Jika sudah begini, kamu perlu cara mengatasi rambut kering secara alami dan perawatan rambut kering yang ekstra untuk mengembalikan kelembapan yang hilang dengan cara menghidrasinya dan membuat rambut kembali sehat, lembut, dan berkilau. Nah, salah satunya seperti video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @zolaamari pada (11/1) lalu.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES