Tak perlu semir mahal, ini trik atasi uban agar kembali gelap cuma pakai 3 bahan dapur

Tak perlu semir mahal, ini trik atasi uban agar kembali gelap cuma pakai 3 bahan dapur

Brilio.net - Uban adalah hal yang wajar dialami oleh semua orang saat usianya mulai menua. Kondisi ini ditandai dengan munculnya helaian rambut putih yang akan semakin banyak seiring bertambahnya usia. Biasanya uban akan mulai muncul di usia 30 tahun ke atas. Namun tak menutup kemungkinan jika uban juga bisa muncul saat remaja atau seseorang yang masih tergolong muda.

Bukan tanpa alasan, uban bisa muncul karena menurunnya kadar melanin pada folikel rambut. Padahal melanin memiliki peran penting untuk memberikan pigmen gelap pada rambut. Karena hal itulah, helaian rambut yang tumbuh tidak mendapatkan pigmen yang sempurna, sehingga menjadikan uban memiliki warna putih keabu-abuan.

Selain karena faktor penuaan, uban juga bisa muncul karena beberapa faktor lain. Seperti genetik, perubahan hormonal, seringnya melakukan styling menggunakan alat pemanas dan pewarna kimia, sindrom tertentu, sampai gaya hidup yang tidak sehat. Adanya uban di rambut memang cukup mengganggu penampilan, sehingga tak heran banyak yang mencari cara untuk mengembalikan warna uban jadi hitam kembali.

Banyak yang mengatasinya dengan melakukan semir di salon, bahkan rela merogoh kocek terlalu dalam demi mendapatkan rambut yang gelap dan bebas uban. Meski efektif, jika terlalu sering melakukan semir, maka rambut akan rentan rusak karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi uban agar kembali gelap atau menghitam. Seperti yang dibagikan oleh seorang pengguna TikTok @diyhacks0.official pada 28 Februari 2024, yang berisi tentang trik atasi uban agar kembali gelap cuma pakai 3 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah mustard oil, bubuk kunyit, dan bubuk kopi.

"Grey Hair problem solved, Very easy hair mask (Masalah rambut beruban teratasi, Masker rambut sangat mudah)," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yangbriliobeauty.netkutip dari akun TikTok @diyhacks0.official, Kamis (14/3).

Atasi uban agar kembali gelap pakai 3 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@diyhacks0.official

Kandungan mustard oil untuk mengatasi uban.

Minyak mustard atau mustard oil memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6, serta vitamin A, D, dan E. Selain memberi kelembapan, kandungan tersebut juga dapat menstimulasi proses regenerasi rambut yang lebih sehat sekaligus merangsang sirkulasi darah di kulit kepala. Hal inilah yang akan membuat minyak mustard dapat membantu mengatasi uban dan menumbuhkan rambut berkilau yang lebih sehat. Mustard oil juga efektif untuk menghambat pertumbuhan uban pada orang yang lanjut usia.

Manfaat bubuk kunyit untuk menggelapkan uban.

Kunyit mengandung antioksidan yang membantu mengganti folikel rambut dan mempercepat tumbuhnya rambut, sehingga uban tidak mudah muncul dan diganti dengan rambut baru yang tumbuh subur. Ini berkat kandungan antioksidan dan zat kurkunin di dalamnya. Seperti yang dilansir dari laman Healthline, kunyit mengandung kurkumin yang bermanfaat untuk kecantikan. Tak hanya itu, kunyit juga efektif menutupi uban dan membuatnya terlihat keemasan. Perawatan rutin dengan kunyit, secara perlahan membuat uban di rambut kamu berwarna semakin gelap.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES