Tak perlu semir kimia, ini trik menunda tumbuhnya uban prematur pakai masker dari 1 jenis biji-bijian

Tak perlu semir kimia, ini trik menunda tumbuhnya uban prematur pakai masker dari 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Salah satu tanda penuaan yang umumnya muncul saat seseorang memasuki usia senja adalah uban. Bukan tanpa alasan, kondisi ini terjadi karena seiring bertambahnya usia seseorang, produksi melanin sebagai zat pemberi pigmen alami rambut mulai mengalami penurunan. Karena itulah helaian rambut yang tumbuh tidak mendapatkan pigmen yang sempurna. Alasan ini yang menyebabkan uban berwarna putih keabu-abuan.

Meski menjadi salah satu tanda penuaan, namun uban nyatanya bisa tumbuh lebih cepat lho. Bahkan saat seseorang masih tergolong muda. Kondisi ini disebut dengan uban prematur. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab munculnya uban prematur, di antaranya adalah genetik, perubahan hormonal, terlalu sering melakukan styling menggunakan alat pemanas dan pewarna kimia, penyakit tertentu, efek stres, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Meski tidak membahayakan, namun adanya uban prematur cukup mengganggu penampilan. Apalagi bagi seseorang yang masih muda, keberadaaan uban bikin penampilan jadi tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya. Tak heran banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi atau menunda uban prematur agar tak cepat tumbuh. Ada yang melakukan semir menggunakan pewarna kimia di salon, menggunakan berbagai produk hair care, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Semir rambut memang menjadi salah satu cara efektif untuk menutupi tampilan uban prematur. Namun sayangnya, penggunaan semir rambut berbahan kimia justru akan berdampak buruk pada kesehatan rambut. Rambut akan mudah rusak, rontok, dan kusut. Nah, solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menunda tumbuhnya uban prematur.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES