Tak perlu semir ke salon, ini trik atasi rambut yang cepat beruban pakai 1 produk olahan susu

Tak perlu semir ke salon, ini trik atasi rambut yang cepat beruban pakai 1 produk olahan susu

Brilio.net - Penuaan adalah bagian alami dari siklus kehidupan setiap individu dimana mereka akan mengalami penurunan pada setiap fungsi tubuh secara bertahap. Dalam dunia kecantikan, penuaan tidak hanya terjadi pada kulit wajah saja, namun juga pada bagian rambut. Nah, penuaan pada rambut sendiri dapat dilihat dari kemunculan uban.

Secara ilmiah, uban merupakan kondisi rambut yang kehilangan pigmen warna melanin di folikelnya sehingga mengalami proses pemutihan. Rambut beruban ini tumbuh akibat proses menurunnya kemampuan rambut secara bertahap dalam memproduksi sel-sel melanosit yang membentuk pigmen warna seiring bertambahnya umur. Makanya tidak mengherakan kalau banyak rambut orang tua, terutama di umur 50 tahun ke atas, yang didominasi warna putih dibanding warna rambut aslinya.

Di samping terjadi secara alami, beberapa faktor seperti stres hingga kebiasan merokok nyatanya juag dapat mempercepat kemunculan uban. Faktor stres dapat mempengaruhi tumbuhnya uban akibat hormon kortisol yang dilepaskan oleh tubuh saat stres dapat merusak proses pembentukan pigmen di area rambut. Sementara itu, komponen nikotin di dalam rokok juga dapat menyebabkan perubahan pada rambut karena sifatnya yang merusak sel-sel kulit, termasuk sel melanosit yang memproduksi melanin.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES