Tak perlu rosemary, ini cara mudah atasi ketombe kering hanya pakai hair oil dari 1 jenis bumbu dapur

Tak perlu rosemary, ini cara mudah atasi ketombe kering hanya pakai hair oil dari 1 jenis bumbu dapur

Brilio.net - Ketombe kering adalah kondisi kulit kepala di mana sel-sel kulit mati mengelupas dalam bentuk serpihan-serpihan kering yang terlihat di permukaan rambut, dan bahkan hingga ke baju. Pada dasarnya, sel-sel kulit memang mengelupas secara alami. Namun jika proses pengelupasan terjadi secara berlebihan, maka terbentuklah ketombe.

Ketombe terjadi lantaran kelembapan pada kulit kepala mulai berkurang. Tidak hanya itu, penggunaan produk hair care yang tidak cocok juga dapat merusak keseimbangan alami. Pasalnya, produk hair care ini terkadang memiliki bahan kimia keras, seperti halnya alkohol.

Walaupun ketombe tidak mengganggu kesehatan, masalah kulit kepala ini harus segera diatasi. Hal ini lantaran, ketombe yang terlihat dengan jelas bisa mengganggu penampilan kamu sehari-hari.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memulai dengan menggunakan produk hair care yang tepat. Hindarilah penggunaan hair care dengan kandungan bahan kimia keras. Tidak hanya itu, kamu juga disarankan untuk mencuci rambut secara teratur.

Selain menggunakan cara-cara diatas, kamu juga bisa mengatasi ketombe kering ini dengan merawat rambut dari bahan alami. Salah satunya dengan menjadikannya sebagai hair oil.

Biasanya, bahan utama yang sering digunakan untuk mengatasi ketombe kering adalah rosemary. Tanaman yang satu ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Ekstrak rosemary dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, meredakan peradangan, dan mengurangi ketombe.

Selain bahan tersebut, kamu juga dapat menggunakan biji kemiri untuk atasi ketombe kering. Bukan tanpa sebab, bumbu dapur ini mengandung asam lemak yang bisa melembapkan, mengatasi kulit kering, dan menjaga keseimbangan pH kulit kepala.

Bahan utama dari hair oil buatan sendiri tak hanya itu saja, terdapat grapseed dan almond oil. Kedua bahan alami ini mengandung vitamin E yang dapat melembapkan kulit kepala dan mengatasi ketombe kering.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES