Tak perlu pakai serum, ini 11 cara menumbuhkan rambut rontok berlebih akibat stres gunakan bahan dapur

Tak perlu pakai serum, ini 11 cara menumbuhkan rambut rontok berlebih akibat stres gunakan bahan dapur

Brilio.net - Rambut rontok berlebih seringkali mengganggu rasa percaya diri, terutama bagi wanita. Terlebih lagi saat mereka menyisir menggunakan, rambut rontok ini bisa berjatuhan di lantai ataupun baju. Biasanya rambut rontok disebabkan oleh banyak, salah satunya dikarenakan stres berlebihan.

Rambut rontok karena stres adalah kondisi di mana seseorang mengalami kerontokan rambut yang lebih parah dari biasanya. Kondisi tersebut merupakan respon terhadap tingkat stres yang tinggi. Perlu kamu ketahui, stres merupakan respons fisiologis dan psikologis terhadap tekanan atau tuntutan yang dialami seseorang.

Ketika seseorang mengalami stres, tubuhnya melepaskan hormon kortisol. Kadar hormon kortisol yang tinggi dalam jangka waktu lama dapat memengaruhi sistem tubuh, termasuk pertumbuhan rambut.

Ketika rambut rontok karena stres, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kerontokan. Pertama yaitu gangguan pada siklus pertumbuhan rambut. Pada tahapan tersebut, pertumbuhan rambut melibatkan tiga fase utama yaitu, pertumbuhan (anagen), transisi (katagen), dan istirahat (telogen). Stres kronis dapat mengganggu siklus ini, memperpendek fase pertumbuhan dan memperpanjang fase istirahat, yang menyebabkan lebih banyak rambut untuk berada dalam fase rontok.

cara menumbuhkan rambut rontok berbagai sumber

foto: freepik.com

Faktor kedua yakni tingkat stres yang tinggi dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh, yang dapat memengaruhi kualitas dan kekuatan rambut. Rambut yang lemah dan rapuh lebih rentan terhadap kerontokan.

Terakhir, stres dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot di sekitar kulit kepala. Ketegangan ini dapat mengganggu aliran darah ke folikel rambut, yang diperlukan untuk pertumbuhan yang sehat. Kurangnya aliran darah ke folikel rambut dapat melemahkan dan menyebabkan rambut rontok.

Agar masalah ini tidak semakin parah, kamu bisa menumbuhkan rambut rontok pakai bahan alami lewat 11 cara di bawah ini. Apa saja bahan-bahannya? Yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/3).

(brl/psa)

tags

Advertising
Advertising
STORIES