Tak perlu pakai kopi, begini trik hilangkan ketombe dan kulit kepala gatal dengan 1 jenis olahan susu

Tak perlu pakai kopi, begini trik hilangkan ketombe dan kulit kepala gatal dengan 1 jenis olahan susu

Brilio.net - Adanya ketombe seringkali menimbulkan rasa gatal serta bersisik di kulit kepala. Tak cuma itu, serpihan ketombe di rambut dan baju tentu mengganggu penampilan dan bikin tak percaya diri. Secara umum, ada dua jenis ketombe yang kerap dialami, yaitu ketombe kering dan ketombe basah. Keduanya memiliki ciri-ciri dan penyebab yang berbeda.

Ketombe kering berukuran kecil-kecil dan putih. Biasanya serpihan ketombe kering ini mudah rontok dan jatuh di batang rambut atau pada bahu. Ketombe kering ini kadang terasa gatal dan muncul pada kulit kepala yang sangat kering. Sementara ketombe basah biasanya punya serpihan yang berukuran besar, berwarna kekuningan, berminyak, dan menempel di kulit kepala dan rambut.

Ketombe lebih sering muncul pada orang yang jarang keramas atau kurang menjaga kebersihan rambut. Ketombe juga dapat muncul akibat produksi minyak atau sebum yang berlebihan di kulit kepala, stres, perubahan hormon, hingga penyakit tertentu, seperti kulit kepala berjamur, psoriasis, dan dermatitis seboroik.

Meski umumnya tidak berbahaya, ketombe dapat mengganggu penampilan. Bahkan rasa gatalnya terkadang tak tertahankan, sehingga membuat siapapun yang mengalaminya ingin menggaruk. Padahal cara ini justru akan melukai kulit kepalamu, hingga terkadang bisa menyebabkan iritasi. Selain menggunakan sampo antiketombe, ada beragam cara alami menghilangkan ketombe dan gatal pada kulit kapala yang juga bisa dilakukan sendiri di rumah.

Bukan pakai kopi, karena ada bahan lain yang tak kalah efektif lho untuk dijadikan masker kulit kepala agar ketombe terangkat dan mengurangi rasa gatal. Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @lequeshax pada 27 Maret 2023. Unggahan tersebut berisi tentang trik hilangkan ketombe dan kulit kepala gatal dengan 1 jenis olahan susu. Olahan susu yang dimaksud adalah yoghurt. Selain yoghurt ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu dan minyak kelapa.

"Simple hair mask to remove dandruff (Masker rambut sederhana untuk menghilangkan ketombe)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @lequeshax, Selasa (8/8).

Hilangkan ketombe dan gatal dengan 1 olahan susu Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES