Tak perlu minyak zaitun, ini cara cegah rambut rontok berlebih pakai krim keratin dari 1 jenis daun

Tak perlu minyak zaitun, ini cara cegah rambut rontok berlebih pakai krim keratin dari 1 jenis daun

Brilio.net - Rambut rontok merupakan salah satu dari sekian banyak masalah pada kulit kepala. Jika rambut rontok dalam jumlah normal, antara 50 hingga 200 helai (tergantung pada panjang, ketebalan, dan jenis rambut seseorang) maka tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika rambut rontok lebih dari 200 helai per hari bisa menandakan adanya masalah kesehatan atau kondisi kulit kepala yang perlu ditangani.

Biasanya penyebab umum rambut rontok berlebih, berkaitan dengan perubahan hormon pada setiap individu. Kondisi ini terjadi karena folikel rambut memasuki fase telogen atau istirahat yang lebih lama dari seharusnya. Fase telogen adalah fase di mana rambut akan mengalami kerontokan dan kemudian digantikan dengan rambut baru.

Perubahan hormon yang dapat menyebabkan rambut rontok antara lain, saat hamil, setelah melahirkan, saat menyusui, saat menopause, atau karena polycystic ovary syndrome (PCOS). Rambut rontok akibat perubahan hormon biasanya bersifat sementara dan akan kembali normal dalam beberapa bulan. Namun, jika rambut rontok tidak berhenti atau disertai gejala lain, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain itu, stres juga dapat menyebabkan rambut rontok. Perlu kamu ketahui, stres tidak hanya berpengaruh pada kesehatan. Melainkan bisa terjadi karena emosi yang tidak stabil.

Untuk mengatasi kerontokkan pada rambut yang berlebih, langkah yang perlu kamu lakukan adalah merubah gaya hidup dan rutin merawat rambut. Kamu bisa mulai merawat rambut dengan menggunakan hair care, seperti minoxidil atau sampo yang dikhususkan untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Selain itu, kamu juga bisa merawat rambut dengan memakai keratin yang terbuat dari bahan alami. Kali ini bahan dasarnya bukan minyak zaitun, melainkan daun rosemary. Daun ini memiliki sifat stimulan yang dapat merangsang folikel rambut, meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, dan membantu pertumbuhan rambut. Di sisi lain, sifat antiseptik yang dapat membantu mengatasi masalah, seperti ketombe di kulit kepala.

Daun salam sebagai bahan tambahan mengandung zat eugenol yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Ini dapat membantu mengurangi peradangan di kulit kepala yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Dengan mengetahui manfaat dan kandungan dari bahan-bahan di atas, kamu tertarik untuk menggunakannya? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak langkah-langkah di bawah ini.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES