Tak perlu minyak kemiri, ini trik bikin tonic penghitam rambut beruban pakai 2 jenis biji rempah

Tak perlu minyak kemiri, ini trik bikin tonic penghitam rambut beruban pakai 2 jenis biji rempah

Brilio.net - Setiap manusia sejatinya akan mengalami proses penuaan seiring bertambahnya usia. Penuaan sendiri biasanya juga akan disertai dengan tanda-tanda fisik yang jelas. Pada kulit, penuaan muncul dalam bentuk mengendurnya kulit sehingga dipenuhi keriput dan garis halus. Selain keriput dan garis halus, tanda penuaan juga ditandai dengan munculnya uban.

Uban pada dasarnya merujuk pada kondisi hilangnya pigmen yang memberi warna alami rambut. Proses ini terjadi karena folikel rambut mengalami penurunan kemampuan dalam menghasilkan melanin seiring bertambahnya usia,. Lambat laut dapat dilihat warna asli rambut secara perlahan memudar dan berubah menjadi warna putih keabu-abuan.

Meskipun uban merupakan bagian dari proses penuaan, uban juga bisa muncul di usia muda. Berdasarkan penelitian National Institutes of Health America, beberapa faktor seperti defisiensi vitamin B12 dan tembaga, lonjakan hormon kortisol akibat stres, serta paparan senyawa nikotin dari rokok dapat mengganggu produksi melanin di kulit kepala. Tidak mengherankan kemudian bila anak muda pun bisa memiliki uban.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES