Tak perlu jintan hitam, ini trik menghambat tumbuhnya uban di rambut pakai 1 jenis tumbuhan

Tak perlu jintan hitam, ini trik menghambat tumbuhnya uban di rambut pakai 1 jenis tumbuhan

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, gejala penuaan jelas akan mulai muncul pada berbagai bagian tubuh. Pada kulit, tanda penuaan yang muncul adalah berupa keriput dan garis halus. Sementara itu, penuaan di area kepala ditandai dengan kemunculan uban sebagai ciri khasnya.

Uban atau rambut putih merujuk pada kondisi rambut yang kehilangan pigmen warna aslinya. Hal ini terjadi karena kemampuan folikel rambut untuk menghasilkan melanin sebagai pigmen warna akan semakin menurun seiring bertambahnya umur. Akibatnya, warna rambut yang asli akan perlahan-lahan memudar dan berubah menjadi putih keabu-abuan.

Meskipun uban sering kali dikaitkan dengan proses penuaan, uban bisa muncul bahkan pada usia yang relatif muda. Selain faktor genetik, kurangnya asupan nutrisi seperti vitamin B12 dan tembaga, peningkatan hormon kortisol saat mengalami stres, serta senyawa nikotin dalam rokok dapat mengganggu produksi melanin di kulit kepala. Faktor-faktor inilah yang membuat uban terkadang muncul pada orang yang masih relatif muda sekalipun.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES