Tak perlu jintan hitam, ini cara meregenerasi rambut beruban hanya pakai hair oil dari 1 jenis buah

Tak perlu jintan hitam, ini cara meregenerasi rambut beruban hanya pakai hair oil dari 1 jenis buah

Brilio.net - Menginjak usia di atas 30 tahun ke atas membuat proses penuaan pada tubuh dimulai. Proses penuaan ini tidak hanya terjadi pada kulit saja, kulit kepala dan rambut pun tidak luput mengalami penurunan kinerja.

Perlu kamu ketahui, rambut memiliki siklus pertumbuhan yang terdiri dari tiga fase. Pertama yaitu anagen, di mana folikel rambut aktif memproduksi rambut baru. Pada fase ini berlangsung selama beberapa tahun dan mempengaruhi panjangnya rambut.

Setelah itu, rambut akan melalui fase transisi atau pendek. Hal ini terjadi karena pertumbuhan rambut berhenti dan kondisi ini berlangsung selama beberapa minggu. Fase terakhir yaitu telogen, dalam kondisi pertumbuhan rambut lama tidak mengalami perubahan dan berlangsung selama beberapa bulan.

Setelah fase telogen, rambut lama akan rontok dan digantikan oleh rambut baru yang tumbuh dari folikel yang sama. Ini adalah proses regenerasi rambut.

Selama siklus pertumbuhan ini, rambut biasanya akan mengalami perubahan warna, tekstur, dan ketebalan seiring pertambahan usia. Pada titik tertentu, folikel rambut mungkin tidak lagi memproduksi rambut baru secara efisien, yang bisa mengakibatkan uban.

Proses terjadinya uban sendiri, disebabkan oleh rambut yang kehilangan pigmen melanin (pemberi warna). Proses terjadinya hal ini dipengaruhi oleh kehilangan melanosit.

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, sel melanosit ini dapat mengalami kerusakan, sehingga mengurangi produksi melanin. Selain itu, munculnya uban juga dipengaruhi oleh faktor keturunan, dan stress oksidatif.

Untuk meregenerasi rambut beruban agar tumbuh dengan warna asli, hal yang perlu kamu lakukan adalah merawat memakai hair oil. Jika biasanya jintan hitam yang digunakan untuk atasi uban, kini ada bahan alternatif lain yang bisa kamu pakai.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES