Tak perlu jintan hitam, ini cara menunda tumbuhnya uban di rambut pakai 1 jenis daun bumbu masak

Tak perlu jintan hitam, ini cara menunda tumbuhnya uban di rambut pakai 1 jenis daun bumbu masak

Brilio.net - Uban, atau sering disebut rambut putih, adalah sebutan bagi rambut yang kehilangan pigmen warna melanin di folikelnya. Proses ini sendiri terjadi karena semakin umur bertambah, maka kemampuan rambut dalam memproduksi sel-sel melanosit yang membentuk pigmen warna tadi juga semakin berkurang. Hal ini menyebabkan warna hitam pada rambut lama-kelaaman akan memudar dan kemudian berganti rambut tidak berpigmen yang terlihat putih keabu-abuan.

Selain diakibatkan proses penuaan alami, kemunculan uban pada rambut juga bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Kondisi stres misalnya, dapat mempercepat munculnya uban karena hormon stres seperti kortisol bisa mempengaruhi pembentukan pigmen dan mempercepat proses kehilangan warna pada rambut.

Kebiasaan merokok juga dapat mempercepat tumbuhnya uban karena komponen nikotin di dalamnya mengandung sifat yang merusak sel-sel melanosit. Makanya tidak mengherankan bila orang yang masih terlihat muda pun sudah banyak yang memiliki uban di rambutnya.

Nah, walaupun tumbuhnya uban memang tidak dapat dicegah, kamu bisa memperlambat kemunculannya sekaligus membantu mengembalikan warna rambut secara natural dengan hanya menggunakan bahan-bahan alami saja. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan campuran daun kari (salam koja) bersama minyak kelapa, seperti yang diperagakan oleh @theglobalistagirl yang dilansir briliobeauty.net pada Jumat (15/9).

menunda tumbuhnya uban  Instagram

foto: freepik.com

Daun kari mengandung senyawa alkaloid seperti murrayakonin, girinimbin, dan girinimbine, yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidan. Selain itu, komponen beta-karoten sebagai prekursor vitamin A di dalam daun ini juga berperan penting dalam mendukung pertumbuhan sel rambut baru yang sehat. Plus, daun kari juga mengandung zat besi yang membantu memastikan pasokan darah yang cukup ke folikel rambut sehingga dalam prosesnya akan mengurangi potensi pemutihan warna rambut.

menunda tumbuhnya uban  Instagram

foto: freepik.com

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai medium yang dapat menembus batang rambut dan memberikan nutrisi secara mendalam untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, minyak kelapa juga secara aktif membantu menjaga kelembapan alami rambut, mencegah kerusakan, dan meminimalkan risiko munculnya penuaan dini pada rambut. Hal ini dalam prosesnya akan membantu tumbuhnya rambut yang lebih sehat dan mengurangi kemunculan uban sebelum waktunya.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES