Tak perlu dicat, ini cara mudah kembalikan rambut beruban jadi hitam alami pakai 1 jenis kacang

Tak perlu dicat, ini cara mudah kembalikan rambut beruban jadi hitam alami pakai 1 jenis kacang

Brilio.net - Munculnya tanda penuaan adalah bagian alami dari siklus kehidupan setiap individu. Proses penuaan ini tak bisa dihindari, tiap orang akan mengalaminya seiring berjalannya waktu. Nah, dalam dunia kecantikan, penuaan memang umumnya dikaitkan pengaruh yang muncul pada kulit wajah. Padahal, penuaan pun bisa muncul di bagian rambut lho, terutama ditandai dengan munculnya uban.

Uban sendiri merupakan sebutan bagi rambut yang kehilangan pigmen warna melanin di folikelnya sehingga terlihat menjadi putih keabu-abuan. Sebagaimana kelembapan alami kulit akan berkurang secara alami seiring bertambahnya umur, begitu pula halnya dengan kemampuan rambut dalam memproduksi sel-sel melanosit yang membentuk pigmen warna tadi.

Namun begitu, proses munculnya uban pada rambut sendiri pun dapat berbeda-beda bagi setiap individu. Faktor stres juga dapat mempercepat munculnya uban karena hormon stres seperti kortisol bisa mempengaruhi pembentukan pigmen dan mempercepat proses kehilangan warna pada rambut.

Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan perubahan pada rambut karena komponen nikotin di dalamnya mengandung senyawa kimia yang dapat merusak sel-sel melanosit.

Nah, meskipun tumbuhnya uban memang tidak dapat dicegah, kamu bisa memperlambat kemunculannya sekaligus merubah warnanya bila diperlukan hanya menggunakan bahan-bahan alami saja tanpa harus ke salon lho.

Salah satu trikya adalah dengan memanfaatkan kacang almond bersama dengan kulit bawang bombay, biji fenugreek, dan minyak kelapa seperti yang diperagakan oleh @beautifulyoutips, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (26/7).

Nggak perlu dicat  Instagram

foto: freepik.com

Kacang almond pada dasarnya kaya akan kandungan vitamin E yang merupakan antioksidan alami. Senyawa antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan asam lemak sehat dalam kacang almond juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut secara keseluruhan.

Nggak perlu dicat  Instagram

foto: freepik.com

Kulit bawang bombay sendiri mengandung senyawa alami yang disebut katalase. Nah, senyawa ini berperan penting dalam membantu mengurai hidrogen peroksida, sebuah zat yang dapat menyebabkan penuaan dini pada rambut. Dengan mengurangi hidrogen peroksida inilah kemudian kulit bawang dapat membantu memperlambat pertumbuhan uban.

Nggak perlu dicat  Instagram

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES