Tak perlu creambath, ini trik lembutkan rambut panjang agar bebas rontok pakai 1 jenis bahan pemanis

Tak perlu creambath, ini trik lembutkan rambut panjang agar bebas rontok pakai 1 jenis bahan pemanis

Brilio.net - Rambut panjang yang tampak indah dan memesona tentu menjadi impian setiap wanita. Namun, jika tidak dirawat dengan tepat, rambut panjang justru akan rawan menghadapi berbagai masalah. Beberapa di antaranya seperti kerontokan, mudah kusut, hingga bercabang dan mudah patah.

Karena tak mau repot mengurusnya, akhirnya banyak wanita yang memutuskan memotong pendek rambut mereka. Tapi tak jarang, masalah tersebut tidak benar-benar hilang. Sebenarnya, tidak sedikit pula wanita yang rela merogoh kocek dalam-dalam dan menghabiskan waktu berjam-jam di salon demi keindahan rambutnya.

Rambut panjang yang kasar, kusam, dan susah diatur dapat memengaruhi penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Karena itu, tidak sedikit wanita yang berusaha mencari cara agar rambut panjangnya terlihat lembut dan tidak kusut. Konon, rambut lembut merupakan salah satu ciri rambut sehat dan terawat, lho.

Tak perlu pergi ke salon kecantikan untuk melakukan perawatan dengan harga yang menguras kantong, karena kamu bisa kok memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mendapatkan rambut panjang yang lembut dan bebas rontok. Seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @audreyvictoria_ pada 10 Mei 2021.

Dalam unggahan yang berdurasi 23 detik tersebut pemilik akun membagikan tentang trik lembutkan rambut panjang agar bebas rontok pakai 1 jenis bahan pemanis. Bahan pemanis yang digunakan adalah madu. Selain madu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu mayonais, minyak kelapa, dan kuning telur.

"DIY HAIR MASK (Masker rambut ala rumahan)," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @audreyvictoria_, Kamis (20/7).

Trik lembutkan rambut panjang agar bebas rontok pakai 1 jenis bahan pemanis Berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat madu untuk rambut memang bukan isapan jempol semata. Madu mengantongi beragam kandungan, seperti mineral, vitamin, protein, serta antioksidan. Madu dapat bertindak sebagai emolien sekaligus humektan sehingga diyakini sebagai pelembap yang mampu menutrisi rambut.

Sifat emolien pada madu membantu melembutkan folikel rambut sehingga membuatnya terlihat lebih berkilau. Madu juga mengandung protein dalam jumlah kecil. Bahan ini diyakini bisa bermanfaat untuk memperkuat rambut, terutama jika dikombinasikan dengan vitamin dan mineral.

Sedangkan, mayonais mengandung minyak nabati, protein, dan vitamin E yang dapat memberikan kelembapan ekstra pada rambut kering. Kandungan lemak sehat dalam mayones membantu melembutkan rambut dan menjaga keseimbangan kelembapan alami.

Sementara itu, minyak kelapa juga merupakan salah satu bahan alami yang dikenal memiliki beragam manfaat untuk rambut. Kandungan asam lemak pada minyak kelapa telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk membuat rambut tampak berkilau. Minyak kelapa yang telah dioleskan ke rambut mampu melapisi dan menembus batang rambut serta menjaganya agar tetap lembap. Dengan begitu, rambut jadi tampak lebih sehat, lembut, dan berkilau.

Begitupun dengan kuning telur yang juga bisa kamu manfaatkan untuk merawat rambut panjangmu agar lebih lembut. Kuning telur mengandung lesitin bisa membantu melembapkan sekaligus menguatkan rambut. Lesitin berfungsi sebagai emolien yang membuat rambut terasa halus karena kelembapannya terjaga. Karena itu, rambut lebih lembut, mudah diatur, dan lebih berkilau.

Kandungan vitamin A, vitamin E, biotin, folat, dan zat besi bisa menjadi ramuan ampuh untuk rambut yang rusak. Pasalnya, para peneliti menyatakan bahan-bahan tersebut penting untuk pertumbuhan rambut dan membuatnya menjadi lebih sehat.

Mengoleskan kuning telur ke kulit kepala berarti mengoleskan berbagai vitamin dan mineral ke akar rambut. Dengan begitu, rambut baru yang akan tumbuh jadi lebih kuat dan tidak mudah rusak. Rambut pun akan tampak lebat alami.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES