Tak perlu beli vitamin, ini trik bikin tonic ampuh atasi rambut rontok beruban pakai 2 jenis rempah

Tak perlu beli vitamin, ini trik bikin tonic ampuh atasi rambut rontok beruban pakai 2 jenis rempah

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, area rambut juga akan mengalami berbagai masalah, salah satunya kerontokan dan uban. Kerontokan rambut adalah kondisi di mana helai-helai rambut lepas dari akar atau kulit kepala. Meskipun kehilangan beberapa helai rambut sendiri adalah sebuah proses alami regenerasi rambut, kerontokannya secara berlebihan justru bisa menyebabkan banyak masalah pada kepala. Rambut pitak, kebotakan, hingga iritasi kulit kepala dapat dipicu oleh masalah ini.

Sementara itu, uban merupakan kondisi memutihnya rambut akibat kehilangan pigmen warna aslinya. Hal ini terjadi karena kemampuan folikel rambut untuk menghasilkan melanin sebagai pigmen warna perlahan akan menurun seiring bertambahnya usia. Akibatnya, warna rambut yang asli akan perlahan-lahan memudar dan berubah menjadi putih keabu-abuan.

Masalah uban dan kerontokan sejatinya bisa dipercepat oleh berbagai faktor. Kondisi stress misalnya, dapat memicu pembentukan hormon kortisol yang merusak folikel dan menganggu pembentukan pigmen warna pada rambut. Selain itu, paparan sinar UV matahari dan polusi udara secara berlebihan juga dapat merusak rambut dan membuat kelembapan alaminya menguap, sehingga kulit kepala dan batang rambut itu menjadi rapuh.

Untuk mengatasi kedua masalah yang menganggu ini, kamu nggak perlu bingung. Soalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan campuran bahan alami saja agar rambutmu kembali lebat dan bersinar dengan warna alaminya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan jahe, cengkeh, dan rosemary sebagaimana diperagakan oleh @idivyaa di Instagram dan dilansir briliobeauty.net pada Selasa (5/12).

Tak perlu beli vitamin  Instagram

foto: freepik.com

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES