Tak perlu bawang bombay, ini trik bikin rambut bebas kusut dan kering pakai 1 jenis buah

Tak perlu bawang bombay, ini trik bikin rambut bebas kusut dan kering pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Kondisi rambut yang tampak kaku dan sulit diatur, alias kusut, telah menjadi suatu masalah rambut yang sangat sering dialami oleh banyak orang. Kondisi rambut seperti ini bisa muncul saat bangun tidur, atau bahkan di tengah-tengah kegiatan sibuk sekalipun. Selain menjadi terlihat berantakan, rambut yang kusut jelas sangat sulit ditata. Malahan ketika kamu mencoba menata rambut yang kusut, sangat besar potensi rambut tersebut justru bakal tertarik dan akhirnya malah menjadi rontok.

Kekusutan rambut sejatinya dipengaruhi oleh kondisi rambut yang kering. Kekeringan di area rambut sejatinya disebabkan oleh minimnya kelembapan di area kulit kepala. Faktor-faktor seperti polusi udara, paparan sinar matahari, hingga penggunaan alat styling dan pewarna rambut secara berlebihan dapat merusak lapisan kutikula sebagai pelindung kelembapan alami rambut. Apabila tidak ditangani, kerusakan ini akan mempercepat penguapan faktor hidrasi rambut, sehingga tak ayal berakhir kering dan kusut tak beraturan.

Eits, walaupun masalah rambut di atas memang sering terjadi, kamu nggak perlu pusing untuk mengatasinya kok. Soalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif menjaga kelembutan rambut. Salah satunya dengan menggunakan campuran pisang dan aloe vera, sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari Instagram @diybyshikha pada Kamis (5/10).

bebas kusut dan kering  Instagram

foto: freepik.com

Pisang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta mineral seperti kalium dan zat besi yang semuanya memberi manfaat luar bisa pada rambut. Vitamin A dalam pisang membantu menjaga kelembapan alami rambut dan mengurangi risiko rambut menjadi kering. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang kuat dan membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin E bekerja dengan memberikan kelembapan ekstra dan menjaga kelembutan rambut. Selain itu, kalium dalam pisang dapat membantu memperkuat akar rambut, meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, dan mendorong pertumbuhan rambut yang lebih sehat dari sebelumnya.

bebas kusut dan kering  Instagram

foto: freepik.com

Gel aloe vera mengandung komponen air dan vitamin yang banyak sehingga memiliki sifat efektif dalam melembapkan dan menenangkan kulit. Hal ini tidak hanya membantu menjaga kelembapan alami rambut, namun juga mengurangi potensi kekakuan akar dan batangnya. Selain itu, kandungan enzim proteolitik di dalamnya juga dapat menutrisi rambut secara mendalam serta mempromosikan pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES