Tak hanya teh, ini trik bikin rambut beruban dan rontok kembali hitam lebat pakai 2 jenis daun

Tak hanya teh, ini trik bikin rambut beruban dan rontok kembali hitam lebat pakai 2 jenis daun

Brilio.net - Memasuki fase penuaan, tubuh akan mengalami penurunan fungsi dan kekuatan secara perlahan. Kondisi ini kemudian memunculkan beberapa perubahan pada tubuh, misalnya kulit yang awalnya tampak kencang elastis berubah menjadi penuh keriput. Pada bagian rambut, proses penuaan ditunjukkan munculnya uban dan kerontokan rambut berlebih.

Uban, atau yang sering disebut sebagai rambut putih, terjadi ketika rambut kehilangan pigmen warna melanin di folikelnya. Ini disebabkan oleh penurunan produksi pigmen warna melanin dari sel-sel melanosit yang memberi warna alami rambut. Akibatnya, rambut yang semula berwarna hitam akan berubah menjadi putih atau keabu-abuan seiring bertambahnya usia.

Sementara itu, kerontokan pada rambut merujuk pada kondisi lepasnya helai rambut secara berlebihan dari akar atau kulit kepala. Sebenarnya, kerontokan rambut sendiri adalah bagian dari proses regenerasi alami. Akan tetapi, kerontokan berlebih justru akan memicu penipisan dan kebotakan di kepala.

Masalah uban dan kerontokan sejatinya bisa dipercepat oleh berbagai faktor. Kondisi stres dapat memicu pembentukan hormon kortisol yang merusak folikel dan mengganggu pembentukan pigmen warna pada rambut. Selain itu, paparan sinar UV matahari dan polusi udara secara berlebihan juga dapat merusak rambut dan membuat kelembapan alaminya menguap, sehingga kulit kepala dan batang rambut itu menjadi rapuh.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES