Tak hanya teh hitam, ini cara atasi rambut beruban agar tak tumbuh pakai 1 jenis biji-bijian

Tak hanya teh hitam, ini cara atasi rambut beruban agar tak tumbuh pakai 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Munculnya rambut beruban pada kulit kepala menjadi tanda proses penuaan. Ketika usia semakin bertambah, melanosit atau sel melanin yang pemberi warna pada rambut mengalami penurunan aktivitas. Semakin sedikit melanin yang diproduksi oleh tubuh, maka munculnya uban semakin cepat. Tak hanya itu, kondisi kulit kepala yang kekurangan nutrisi, seperti vitamin B12, tembagaa, dan zinc juga berdampak pada kesehatan rambut.

Agar uban tak gampang muncul, kuncinya adalah menjaga nutrisi kulit kepala dengan baik. Kamu bisa memenuhi nutrisi dengan mengonsumsi makanan berupa kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan susu. Bukan tanpa sebab, semua makanan tersebut menjadi sumber vitamin dan mineral, salah satunya adalah vitamin A, B12, tembaga, dan zinc.

Selain menjaga dari dalam, kamu juga perlu lho merawat rambut dari luar dengan menggunakan sampo khusus. Hair care ini tidak perlu kamu beli di pasaran karena bisa kamu buat sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun juga mudah untuk didapatkan.

Tak hanya gunakan teh hitam untuk atasi uban. Namun kamu juga bisa memakai bahan alami lainnya. Seperti yang ditunjukkan dalam video, pemilik akun anamikabarai memanfaatkan satu jenis biji-bijian yaitu fenugreek atau methi. Bahan alami ini mengandung protein, zat besi, asam amino, dan fitokimia, serta lecithin. Semua kandungan tersebut bisa meningkatkan produksi melanin, memperkuat akar, dan melembapkan.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES