Tak hanya dengan kopi, ini cara menghitamkan rambut uban pakai tambahan 1 jenis kulit bumbu dapur

Tak hanya dengan kopi, ini cara menghitamkan rambut uban pakai tambahan 1 jenis kulit bumbu dapur

Brilio.net - Uban sering menjadi tanda penuaan. Namun, terkadang uban juga muncul pada usia muda. Hal ini sering membuat orang yang memiliki uban di usia muda jadi rendah diri. Munculnya uban di usia lebih awal ini dapat terjadi karena adanya faktor genetik (keturunan) atau karena adanya faktor-faktor lain yang memicunya.

Selain faktor genetik, beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya uban di usia muda adalah kekurangan vitamin B12, asam folat, dan kekurangan hormon tiroid. Selain itu, stres, paparan polusi dan oksidan, serta penggunaan produk-produk yang berisi bahan kimia pada rambut, seperti pewarna atau pelurus rambut, juga dianggap bertanggung jawab dalam memicu munculnya uban di usia muda.

Perlu diketahui, folikel atau tempat tumbuhnya rambut memiliki sel pigmen atau zat pemberi warna yang disebut melanin. Kadar melanin di dalam tubuh seseorang dapat berubah seiring waktu. Menurut situs Medlineplus, folikel rambut memproduksi lebih sedikit melanin seiring bertambahnya usia atau faktor eksternal dan akhirnya mengakibatkan warna rambut menjadi putih atau abu-abu.

Apabila kurang percaya diri dengan adanya uban di rambut, sebaiknya kamu perlu menghitamkan rambut dengan bahan-bahan alami. Tak hanya dengan kopi, karena pemilik akun TikTok @ayur_officialpage punya tips mengatasinya dengan menambahkan bahan penghitam uban berupa kulit bawang merah. Pemilik akun juga menggunakan bahan lain yaitu minyak zaitun.

"How to treat premature greying hair just in 7 days !! (Cara mengatasi uban dini hanya dalam 7 hari!!)," ungkapnya dalam keterangan video unggahan yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ayur_officialpage, Rabu (20/9).

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES