Tak hanya daun kari, ini trik memperlambat tumbuhnya rambut uban pakai 1 jenis bahan masakan

Tak hanya daun kari, ini trik memperlambat tumbuhnya rambut uban pakai 1 jenis bahan masakan

Brilio.net - Uban merupakan salah satu tanda terjelas akan terjadinya proses penuaan pada tubuh seseorang. Uban sendiri adalah sebutan bagi rambut yang kehilangan pigmen warna melanin di folikelnya, sehingga warnanya berubah menjadi putih keabu-abuan. Sebagaimana kelembapan alami kulit akan berkurang secara alami seiring bertambahnya umur, begitu pula halnya dengan kemampuan rambut dalam memproduksi sel-sel melanosit yang membentuk pigmen warna tadi.

Meskipun akan terjadi secara alami, proses munculnya uban pada rambut sendiri nyatanya dapat berbeda-beda bagi setiap individu tergantung pada kebiasaan mereka. Faktor stres misalnya, dapat mempercepat munculnya uban karena hormon stres seperti kortisol bisa mempengaruhi pembentukan pigmen dan mempercepat proses kehilangan warna pada rambut.

Sementara itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan percepatan tumbuh uban karena komponen tar dan nikotin di dalamnya mengandung senyawa kimia yang merusak sel-sel melanosit. Makanya nggak jarang kamu bisa menemukan anak remaja nyatanya sudah beruban sebelum waktunya.

Meskipun sulit ditebak kemunculannya, kamu bisa kok memperlambat kemunculan uban hanya menggunakan bahan-bahan alami saja tanpa harus mewarnai rambut ke salon. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan campuran minyak kelapadan daun kari, seperti yang diperagakan oleh @rupalichouhan_19, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (19/9).

memperlambat tumbuhnya rambut uban  Instagram

foto: freepik.com

Minyak kelapa mengandung komponen asam lemak yang dapat menembus batang rambut dan memberikan nutrisi secara mendalam untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, minyak kelapa juga kaya akan vitamin E yang secara aktif membantu menjaga kelembapan alami rambut, mencegah kerusakan, dan meminimalkan risiko munculnya penuaan dini pada rambut. Hal ini dalam prosesnya akan membantu tumbuhnya rambut yang lebih sehat dan memperlambat kemunculan uban.

memperlambat tumbuhnya rambut uban  Instagram

foto: freepik.com

Daun kari, selain digunakan sebagai bumbu makanan yang lezat, juga memiliki manfaat yang menarik dalam mengurangi pertumbuhan uban. Daun kari mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk beta-karoten, yang merupakan prekursor vitamin A, serta vitamin B dan vitamin C. Kandungan ini membantu memelihara kesehatan rambut dan mengurangi risiko pertumbuhan uban. Beta-karoten, khususnya, memiliki peran penting dalam merangsang produksi melanin, yang dapat memperlambat proses uban.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES