Tak hanya cengkeh, ini trik bikin hair spray agar rambut lebat dan antirontok pakai 1 jenis bunga

Tak hanya cengkeh, ini trik bikin hair spray agar rambut lebat dan antirontok pakai 1 jenis bunga

Brilio.net - Lepasnya beberapa helai rambut dari kulit kepala atau biasa disebut kerontokan, pada dasarnya merupakan bagian dari proses regenerasi alami. Ya, rambut sejatinya akan terus mengalami proses pergantian dari yang lama menjadi baru, sama halnya dengan kulit. Namun begitu, American Academy of Dermatology menyatakan bahwa jumlah normal dari kerontokan ini adalah sekitar 50-100 helai. Lebih dari itu, rambut justru akan mengalami proses kerontokan berlebih yang dapat berujung pada penipisan dan kebotakan.

Kondisi yang dikenal sebagai telogen effluvium dalam dunia medis ini umumnya disebabkan oleh melemahnya akar rambut. Umumnya, hal ini terjadi akibat minimnya tingkat kelembapan di area kulit kepala, menyebabkan rambut terasa begitu kering. Dalam prosesnya, kekeringan ini memicu pelemahan akar rambut sehingga rambut akan mulai lepas dari kulit kepala dalam jumlah melebihi batas normal.

Salah satu faktor eksternal yang berperan memicu keringnya rambut adalah paparan sinar UV matahari dan polusi lingkungan. Hal ini dikarenakan efek panas serta kotoran yang terbawa bersamanya akan menghilangkan kelembapan di kulit kepala serta merusak dinding lapisan kutikula yang mempertahankan kekuatan rambut. Dampaknya, rambut pun lama-kelamaan akan menjadi kering dan rapuh sehingga rentan lepas dari kulit kepala.

Kerusakan rambut pun dapat diperparah oleh faktor-faktor internal seperti kurangnya konsumsi nutrisi, defisiensi vitamin dan mineral, serta stres yang berkepanjangan. Dalam prosesnya, hal ini menyebabkan tubuh kesulitan dalam mendistribusikan nutrisi secara seimbang, termasuk ke kulit kepala. Lama-kelamaan, hal ini akan menyebabkan hilangnya kelembapan rambut sehingga membuatnya rontok secara berlebihan.

Namun begitu, kamu nggak usah merasa pusing kalau dihadapkan pada problematika ini. Pasalnya, ada solusi sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasinya. Salah satunya adalah menggunakan campuran bunga mawar dan cengkeh, seperti yang dilansir oleh briliobeauty.net pada Kamis (19/10) dari pemilik akun Instagram @mydelishbowl.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES