Tak gunakan jintan hitam, ini cara menghitamkan rambut putih hanya pakai masker dari 1 jenis rempah

Tak gunakan jintan hitam, ini cara menghitamkan rambut putih hanya pakai masker dari 1 jenis rempah

Brilio.net - Jika berbicara mengenai penampilan, tentunya tidak hanya dilihat dari gaya berpakaian dan riasan wajah saja. Namun penilaian ini mencakup banyak hal, termasuk kondisi rambut yang sehat lembut, dan terhindar dari uban menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Namun sayangnya, beberapa orang harus mengalami kemunculan rambut putih di usia yang cukup muda. Perlu kamu ketahui, munculnya uban tidak hanya terjadi pada orang lanjut usia. Namun bisa saja dialami oleh orang yang berusia 20 tahunan.

Salah satu faktor penyebab uban muncul di usia muda adalah genetik. Jika orang tua atau kerabat dekat beruban di usia muda, maka kemungkinan besar kamu juga akan mengalami hal yang sama. Faktor genetik ini sulit untuk diubah atau dicegah, karena merupakan bagian dari karakteristik bawaan.

Faktor lain yang bisa menyebabkan uban muncul di usia muda adalah stres psikologis. Beban hidup yang berat bisa membuat orang mudah stres dan depresi. Stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol, yang bisa mengganggu siklus pertumbuhan rambut dan mengurangi melanin - pigmen yang memberi warna pada rambut. Jika melanin berkurang, maka rambut baru yang tumbuh akan berwarna abu-abu atau putih.

Penyebab lainnya juga bisa karena kekurangan vitamin B12 yang menyebabkan melemahnya sel-sel rambut. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, bisa memudarkan warna hitam sehingga rambut menjadi putih. Di samping itu, kegunaan dari vitamin B12 ini cukup penting bagi kesehatan rambut, lantaran bias meningkatkan pertumbuhan sel-sel rambut.

Begitu penting memenuhi nutrisi pada rambut dengan cara rutin melakukan perawatan. Salah satu treatment yang bisa kamu pakai adalah mengoptimalkan kinerja sampo dengan mengkombinasikannya menggunakan bahan alami.

Kali ini tidak memakai jintan hitam untuk mencegah munculnya uban. Sebagai bahan gantinya, kamu bisa memakai satu jenis rempah yaitu lada hitam. Bahan ini bukan sekedar untuk masakan saja, tetapi memiliki kandungan berupa antioksidan, seperti vitamin C dan flavonoid.

Antioksidan membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas, sehingga mencerah penuaan dini dan kerusakan sel rambut. Selain itu, lada hitam juga bisa merangsang sirkulasi darah, sehingga bisa membuat rambut tapak lebih sehat.

Ada pula bahan tambahan yang dibutuhkan, yakni daun salam yang mampu mengurangi peradangan dan melawan kerusakan sel pada kulit kepala. Hal ini dikarenakan daun salam mengandung antiinflamasi dan antioksidan.

Tertarik untuk sampo yang dikombinasikan dengan bahan-bahan alami di atas? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak informasi di bawah ini.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES