Tak cuma pakai minyak kelapa, ini cara bikin uban jadi kembali hitam dengan tambahan 1 jenis rempah

Tak cuma pakai minyak kelapa, ini cara bikin uban jadi kembali hitam dengan tambahan 1 jenis rempah

Brilio.net - Uban adalah kondisi rambut yang biasanya dialami ketika seseorang sudah memasuki usia lanjut. Munculnya uban disebabkan karena menurunnya produksi melanin pada folikel rambut seiring bertambahnya usia. Seperti yang diketahui bahwa melanin merupakan zat yang berperan memberi warna pada rambut.

Namun uban juga bisa dialami oleh seseorang yang masih remaja lho. Kondisi ini disebut dengan uban prematur. Banyak faktor yang menyebabkan munculnya uban prematur. Diantaranya adalah faktor genetik, stres, penggunaan haircare yang tidak cocok, merokok, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Rambut yang memutih ini dapat membuat pemiliknya tidak percaya diri. Oleh sebab itu, banyak yang mencari cara untuk menghitamkan rambut uban dengan melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah mewarnai rambut atau melakukan semir rambut. Alih-alih dapat menutupi uban, keseringan menggunakan semir rambut juga akan berdampak buruk untuk kesehatan rambut.

Nah, solusinya kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk bikin uban kembali hitam. Tak cuma pakai minyak kelapa, karena pemilik akun TikTok @faujihawa pada 13 Maret 2023, juga menambahkan bahan lain yaitu 1 jenis rampah. Rempah yang dimaksud adalah kemiri.

"Ibu menangis bahagia melihat uban ayah kembali jadi hitam!!!" tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @faujihawa, Selasa (24/10).

Bikin uban jadi kembali hitam dengan tambahan 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak kelapa merupakan minyak alami yang banyak digunakan sebagai bahan perawatan kulit dan rambut. Salah satu manfaatnya adalah mengembalikan kesehatan rambut dan mengatasi uban. Hal ini berkat kandungan polifenol sebagai antioksidan dan vitamin E didalamnya yang bagus untuk regenerasi sel serta meningkatkan kolagen (kehitaman) rambut.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES