Tak cuma pakai lemon, ini cara menghilangkan kutu penyebab kepala gatal dengan tambahan 1 bumbu dapur

Tak cuma pakai lemon, ini cara menghilangkan kutu penyebab kepala gatal dengan tambahan 1 bumbu dapur

Brilio.net - Kepala yang gatal ternyata tak hanya disebabkan oleh adanya ketombe atau rambut uban saja. Pasalnya, kepala gatal juga bisa dikarenakan adanya kutu yang bersarang di rambut. Bahkan telurnya juga akan menempel di helaian rambut. Parasit ini umum ditemukan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah, yakni anak-anak yang berusia 3-11 tahun. Namun kondisi ini juga bisa dialami oleh remaja lho.

Parasit ini berukuran sebesar biji wijen dan dapat bertahan selama 30 hari pada kulit kepala manusia. Biasanya, kutu rambut akan mati dalam kurun waktu 1224 jam setelah terlepas dari rambut manusia. Kutu rambut sangat mudah menular ke orang lain, apalagi ketika kamu memakai barang yang sama, misalnya sisir, handuk, kerudung, ataupun bantal.

Pada dasarnya, kutu akan mengisap darah di kepala. Dari gigitan kutu ini yang kemudian menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala. Oleh karena itu, kutu rambut harus segera dibasmi karena mereka berkembang biak dengan cepat dan dapat dengan mudah menular dari satu orang ke orang lain.

Nah, salah satu upaya yang paling banyak dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tak cuma pakai lemon, karena pemilik akun TikTok @rythaa14 punya cara mengatasinya dengan menambahkan 1 bumbu dapur. Bumbu dapur yang dimaksud adalah bawang putih.

"cara paling ampuh membasmi kutu rambut dengan bahan alami," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @rythaa14, Senin (23/10).

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES