Tak cuma jintan hitam, cara mencegah uban tumbuh hingga berbulan-bulan ini pakai 1 jenis rempah dapur

Tak cuma jintan hitam, cara mencegah uban tumbuh hingga berbulan-bulan ini pakai 1 jenis rempah dapur

Brilio.net - Salah satu tanda pada orang yang berada di fase penuaan adalah munculnya uban di bagian rambut. Uban atau rambut putih adalah sebutan bagi rambut yang kehilangan pigmen warna melanin di folikelnya. Proses ini sendiri terjadi karena semakin umur bertambah, maka kemampuan rambut dalam memproduksi sel-sel melanosit yang membentuk pigmen warna juga semakin berkurang.

Proses tersebut menyebabkan warna hitam pada rambut lama-kelaaman akan memudar dan kemudian bertukar menjadi putih keabu-abuan. Meskipun acap dikaitkan dengan tanda penuaan, uban nyatanya juga dapat muncul bahkan di usia yang masih muda sekalipun. Selain faktor genetik, beberapa hal yang dapat memicu pertumbuhan uban adalah kekurangan nutrisi, stres berkelebihan, serta kebiasaan merokok.

Minimnya asupan vitamin B12 dan tembaga, munculnya hormon kortisol pada keadaan stres, hingga senyawa nikotin dalam rokok dapat menganggu produksi melanin di kulit kepala, sehingga berkontribusi pada pertumbuhan uban sebelum fase penuaan sekalipun.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES