Tak cuma daun kari, ini trik bikin rambut bebas uban untuk waktu yang lama pakai 2 jenis rempah

Tak cuma daun kari, ini trik bikin rambut bebas uban untuk waktu yang lama pakai 2 jenis rempah

Brilio.net - Salah satu tanda paling mencolok pada orang yang telah menua adalah munculnya uban. Rambut putih atau uban adalah sebutan bagi rambut yang kehilangan pigmen warna melanin di folikelnya. Proses ini terjadi karena semakin umur bertambah, maka kemampuan rambut dalam memproduksi sel-sel melanosit yang membentuk pigmen warna juga semakin berkurang. Hal ini menyebabkan warna hitam pada rambut lama-kelaaman akan memudar dan kemudian bertukar menjadi putih keabu-abuan.

Meskipun acap dikaitkan dengan tanda penuaan, uban nyatanya juga dapat muncul bahkan di usia yang masih muda sekalipun. Selain faktor genetik, beberapa hal yang dapat memicu pertumbuhan uban ialah kekurangan nutrisi, kondisi stres berlebihan, serta kebiasaan merokok.

Minimnya asupan yang mengandung vitamin B12 dan tembaga, munculnya hormon kortisol pada keadaan stres, hingga senyawa nikotin dalam rokok dapat menganggu produksi melanin di kulit kepala sehingga berkontribusi pada pertumbuhan uban, bahkan sebelum fase penuaan.

Eits, walau begitu, kamu bisa lho memperlambat kemunculannya sekaligus memudarkan warna uban ini hanya menggunakan bahan-bahan alami saja. Tanpa produk kimia, kamu tetap bisa mencegah tumbuhnya uban untuk jangka waktu yang lama.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES