Tak cuma bunga kembang sepatu, ini trik cegah rambut rontok dan berketombe pakai 1 produk olahan susu

Tak cuma bunga kembang sepatu, ini trik cegah rambut rontok dan berketombe pakai 1 produk olahan susu

Brilio.net - Rambut merupakan salah satu fitur penting dalam penampilan manusia. Selain memberi gaya, rambut memiliki fungsi utama untuk melindungi kulit kepala dari sinar matahari langsung, menahan suhu ekstrem untuk masuk langsung ke dalam tubuh. Namun begitu, fungsi penting ini dapat terganggu oleh masalah yang sering merusak rambut banyak orang, terutama kerontokan dan ketombe.

Kerontokan rambut pada dasarnya merujuk pada kondisi di mana helai-helai rambut lepas dari akar atau kulit kepala. Menurut American Academy of Dermatology, kerontokan rambut yang normal adalah sekitar 50-100 helai per hari. Namun begitu, ada banyak orang yang justru mengalami kerontokan di luar batas normal, sehingga dapat menyebapkan penipisan rambut hingga terbentuknya titik-titik kebotakan pada kepala.

Salah satu penyebab utama dari kerontokan berlebih yang sering dialami banyak orang ialah kering dan lemahnya akar rambut akibat paparan sinar UV matahari dan polusi udara secara berkelebihan. Kedua hal ini dalam prosesnya dapat membuat kelembapan alami di dalam rambut menguap sehingga kulit kepala dan batang rambut itu menjadi kering dan rapuh. Ujungnya, helai-helai rambut yang tidak mampu mempertahankan kekuatannya akan lepas dari kulit kepala satu per satu.

Di sisi lain, ketombe merupakan sebutan bagi kondisi dimana rambut dan kulit kepala dipenuhi oleh serpihan kecil berwarna putih. Munculnya ketombe sendiri dapat dipicu oleh adanya pertumbuhan jamur Malassezia secara berlebihan pada di kulit kepala akibat peradangan yang memicu kulit kepala menjadi berminyak dan mengelupas. Hal ini kemudian dapat menimbulkan iritasi sekaligus rasa gatal berlebihan yang menganggu.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES