Tak cukup sampo dan kondisioner, ini trik usir ketombe di rambut pakai 2 jenis minyak

Tak cukup sampo dan kondisioner, ini trik usir ketombe di rambut pakai 2 jenis minyak

Brilio.net - Rambut merupakan salah satu fitur penting dalam penampilan manusia. Rambut memiliki fungsi utama untuk melindungi kulit kepala dari sinar matahari langsung dan menahan suhu ekstrem untuk masuk langsung ke dalam tubuh. Sementara dari sisi visual, rambut menjadi senjata banyak orang untuk memperlihatkan keindahan pribadi melalui berbagai gaya rambut yang bisa diubah-ubah sesuai selera.

Meskipun memiliki peran yang penting, rambut juga bisa mengalami masalah yang mengganggu. Salah satu problematika yang acap timbul pada rambut adalah ketombe. Ketombe merupakan sebutan bagi kondisi dimana rambut dan kulit kepala dipenuhi oleh serpihan kecil berwarna putih. Munculnya ketombe dapat dipicu oleh adanya pertumbuhan jamur Malassezia secara berlebihan di kulit kepala akibat kondisi dermatitis seboroik, semacam peradangan kulit kepala yang membuatnya menjadi berminyak dan mengelupas.

Ketombe juga bisa diperparah oleh beberapa faktor. Perawatan rambut yang kurang baik dan minimnya nutrisi akibat konsumsi makanan sembarangan juga dapat memengaruhi munculnya ketombe di rambut. Apalagi ketika kondisi itu diperparah dengan seringnya rambut terpapar sinar UV dari matahari dan polusi, tidak ayal jika rambut rentan mengalami kerusakan pada folikelnya sehingga memicu munculnya ketombe yang lebih parah.

Ketika dihadapkan pada masalah ini, masih banyak orang yang bingung karena mereka tidak dapat menemukan produk yang tepat. Sebagai alternatif, kamu bisa menjadikan beberapa bahan alami seperti minyak almond dan rosemary untuk mengatasi masalah ini. Hal ini seperti yang ditunjukkan pengguna akun Instagram @sonekanwar sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Jumat (1/9).

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES