Tak cukup jintan hitam, ini trik cegah uban tumbuh berlebih pakai 1 ekstrak daun

Tak cukup jintan hitam, ini trik cegah uban tumbuh berlebih pakai 1 ekstrak daun

Brilio.net - Uban adalah salah satu tanda paling mencolok yang menjadi bagian dari siklus penuaan. Uban merupakan kondisi saat rambut berubah dari warna aslinya menjadi warna abu-abu atau putih. Kualitas serta intensitas uban bervariasi tiap individu dan biasanya mulai muncul pada sekitar usia 30 hingga 40 tahun. Uban tidak hanya dapat muncul di rambut kepala, namun juga di area jenggot dan kumis.

Proses pembentukan uban sejatinya berkaitan erat dengan berkurangnya produksi melanin dalam folikel rambut. Seiring penuaan, ada banyak fungsi organ tubuh yang semakin menurun efisiensi kerjanya, termasuk kemampuan rambut dalam memproduksi sel-sel melanosit yang membentuk pigmen warna. Lama-kelamaan, proses ini membuat pasokan warna yang dibawa ke rambut berkurang dan memunculkan warna putih atau uban.

Tidak hanya penuaan, proses munculnya uban juga dapat dipengaruhi beberapa faktor lain. Kondisi stres yang dialami banyak orang juga dapat mempercepat munculnya uban. Hal ini karena hormon stres seperti kortisol bisa memengaruhi pembentukan pigmen dan mempercepat proses kehilangan warna pada rambut. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan perubahan pada rambut karena komponen nikotin di dalamnya mengandung senyawa kimia yang dapat merusak sel-sel melanosit di rambut.

Bagi kamu yang ingin mengurangi pembentukan uban bisa melakukan beberapa cara. Misalnya, mencoba memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif yang efektif mengatasinya. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran aloe vera dengan jintan hitam. Cara ini sebagaimana dibagikan pemilik akun Instagram @kitchenaapketipshumare yang dilansir briliobeauty.net pada Jumat (29/9).

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES