Rambut beruban tertutup sempurna tanpa gunakan semir, ini trik membuat hair oil dari 1 jenis buah

Rambut beruban tertutup sempurna tanpa gunakan semir, ini trik membuat hair oil dari 1 jenis buah

Brilio.net - Memasuki usia 30 tahun ke atas, kebanyakan orang mengalami perubahan pada warna rambut atau yang sering disebut uban. Namun nyatanya rambut beruban tidak hanya terjadi di usia senja saja. Kondisi ini juga dapat terjadi pada mereka yang berusia 20 tahunan.

Perubahan rambut ini terjadi ketika produksi melanin di dalam kulit kepala menurun, yakni folikel rambut yang mulai berkurang seiring bertambahnya usia ini mengakibatkan rambut kehilangan warna alaminya. Rambut yang tadinya hitam, kemudian menjadi abu-abu atau putih.

Selain kehilangan warna, rambut beruban juga dapat mengalami perubahan struktur, yang tadinya halus menjadi lebih kasar dan kering. Hal ini terjadi karena adanya perubahan dalam produksi minyak alami di dalam kelenjar sebaceous di sekitar rambut, serta penurunan kadar keratin di dalam batang.

Kondisi ini dipengaruhi beberapa faktor, seperti genetik - memiliki peran penting dalam munculnya uban. Jika salah satu atau kedua orang tua memiliki riwayat rambut beruban pada usia muda, kemungkinan hal ini juga menurun pada kamu.

Kemudian stres fisik dan emosional juga memengaruhi proses penuaan rambut. Diketahui, stres ini dapat mengganggu keseimbangan hormonal dalam tubuh, sehingga memengaruhi produksi melanin.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES