Nggak perlu produk mahal, ini cara lembutkan rambut kasar pakai oil mask dari 3 bahan alami

Nggak perlu produk mahal, ini cara lembutkan rambut kasar pakai oil mask dari 3 bahan alami

Brilio.net - Rambut yang lembut dan berkilau dapat menambah rasa percaya diri seseorang. Bahkan dengan rambut yang sehat, lembut, dan mudah diatur akan membuat penampilan menjadi lebih optimal. Namun sayangnya, untuk mendapatkan rambut seperti itu tidaklah mudah. Butuh berbagai usaha dan perawatan tepat agar bisa memiliki rambut yang lembut dan bebas kasar.

Rambut mengembang, kasar, kusam, dan bercabang menjadi salah satu masalah wanita pemilik rambut kering. Pada umumnya, rambut kasar akan mengembang dan sulit diatur sehingga terlihat tidak rapi. Masalah-masalah tersebut tentunya sangat mengganggu kaum hawa. Penyebab rambut kasar dan kering biasanya dikarenakan terlalu sering menggunakan alat-alat styling, terpapar polusi, sinar matahari, atau mengganti warna rambut.

Rambut kasar adalah kondisi rambut kering dan tidak memiliki kelembapan sama sekali. Ketika rambut kering, kutikula akan menjadi kasar. Ketika cuaca panas, maka rambut akan menjadi semakin kasar, bahkan keriting. Rambut yang kasar tak hanya terasa kasar saat disentuh, tapi juga batang rambutnya terasa tebal dan lebar, lebih tebal jika dibandingkan dengan benang jahit.

Nah, untuk mengatasinya mungkin kebanyakan orang akan melakukan perawatan di klinik kecantikan atau menggunakan berbagai produk skincare yang ada di pasaran. Hal tersebut tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit bukan? Padahal ada lho cara yang tak kalah efektif untuk melembutkan rambut yang kasar, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @sophieemand pada 28 September 2022 lalu. Melalui akun TikTok miliknya, ia memberikan cara lembutkan rambut kasar pakai oil mask dari 3 bahan alami. Bahan-bahan alami yang dimaksud adalah minyak zaitun, castor oil, dan argan oil.

"DIY oil mask for softer, glossy hair (DIY masker minyak untuk rambut yang lebih lembut dan berkilau)," katanya sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @sophieemand, Rabu (10/5).

Cara lembutkan rambut kasar pakai oil mask dari 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak zaitun sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami untuk merawat rambut. Pasalnya, minyak dari ekstrak zaitun ini bersifat melembapkan, sehingga baik digunakan pada rambut. Jangan heran bila minyak rambut ini kerap dijadikan kondisioner karena zaitun dipercaya dapat membuat rambut semakin bersinar, lembut, dan kuat.

Kaya nutrisi dan vitamin, minyak zaitun memiliki manfaat untuk mengatasi rambut kusut dan kasar karena teksturnya yang licin. Selain itu, kandungan asam lemak omega-6 di dalamnya dapat menjadi pelumas yang ideal untuk rambut. Mampu mencegah kekusutan, minyak zaitun dapat menutrisi rambut secara mendalam sehingga rambut menjadi lembut dan berkilau.

(brl/jad)

tags

STORIES