Nggak perlu pakai jintan, ini cara menghitamkan uban tanpa semir hanya dengan 3 bahan dapur

Nggak perlu pakai jintan, ini cara menghitamkan uban tanpa semir hanya dengan 3 bahan dapur

Brilio.net - Uban adalah kondisi rambut putih yang tumbuh ketika seseorang mulai memasuki usia lanjut. Ketika seseorang berusia 35 tahun, folikel rambut tak lagi memproduksi melanin, sehingga akan menghasilkan rambut yang berwarna putih atau abu-abu. Inilah yang disebut dengan rambut beruban.

Faktor genetik dan kurangnya asupan vitamin dan nutrisi seperti B-6, B-12 serta E juga dapat mempercepat munculnya uban. Seseorang juga bisa beruban karena efek penggunaan produk perawatan rambut yang kurang cocok, penyakit autoimun, gangguan kelenjar tiroid, stres yang berlebihan, dan kebiasaan merokok.

Karena beberapa faktor tersebut banyak orang yang mulai beruban ketika mereka masih berusia muda. Kondisi ini biasanya disebut dengan uban prematur. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang merasa tidak percaya diri karena kemunculan uban. Sehingga, mereka mencari berbagai cara untuk menghitamkan rambut yang beruban.

Mulai dari menyemir rambutnya menjadi hitam, mewarnai rambut dengan berbagai warna favorit, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Nggak perlu pakai jintan, karena pemilik akun TikTok @healthytips4youeveryday pada 8 Oktober 2023, justru menggunakan 3 bahan dapur lainnya untuk menghitamkan rambut beruban tanpa semir. Bahan dapur yang digunakan adalah cengkeh, kulit bawang merah, dan teh hitam.

"NATURAL RECIPE TO ELIMINATE GRAY HAIR (RESEP ALAMI MENGHILANGKAN RAMBUT UBAN)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @healthytips4youeveryday, Rabu (18/10).

Hitamkan uban tanpa semir hanya dengan 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Cengkih merupakan rempah dapur yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi uban lho. Baik uban prematur atau uban akibat proses penuaan. Hal ini berkat kandungan eugenol tinggi dalam cengkih yang memiliki sifat antioksidan untuk melindungi batang dan folikel rambut dari kerusakan oksidasi. Ini juga membantu meningkatkan kadar pigmen yang memberi warna alami pada rambut kamu.

Kulit bawang merah yang selama ini dianggap sebagai sampah dan langsung dibuang, ternyata memiliki segudang manfaat untuk rambut lho. Salah satunya adalah menghitamkan rambut uban dan mencegahnya tumbuh kembali. Kulit bawang merah diyakini ampuh melindungi rambut dari uban prematur. Ini dikarenakan kulit bawang merah kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas diketahui jadi salah satu penyebab munculnya uban prematur.

Sementara itu, teh hitam atau black tea juga merupakan salah satu bahan minuman yang bisa menghitamkan rambut uban tanpa semir lho. Teh hitam dipercaya dapat meningkatkan melanin dan keratin pada helai rambut, sehingga mampu mengembalikan pigmen alami rambut. Selain itu, teh jenis ini juga efektif menutupi warna uban yang telah tumbuh menjadi lebih gelap.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES