Nggak perlu jintan hitam, begini trik hitamkan rambut beruban hanya pakai 2 bahan alami

Nggak perlu jintan hitam, begini trik hitamkan rambut beruban hanya pakai 2 bahan alami

Brilio.net - Rambut beruban kerap menjadi masalah utama bagi sebagian besar orang. Tak hanya dialami oleh orang lanjut usia, rambut beruban juga bisa terjadi pada umur 20 hingga 30-an tahun. Bukan karena tanda penuaan, uban yang muncul di usia tersebut umumnya disebabkan oleh stress. Kondisi tubuh yang memiliki tingkat stres tinggi dapat mempengaruhi pigmentasi pada rambut. Dampaknya, produksi melanin yang bertanggung jawab untuk memberikan warna pada rambut jadi terganggu. Oleh karena itu, uban dapat muncul ketika usia masih muda.

Tak hanya itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok juga bisa mempengaruhi kondisi tersebut. Hal ini lantaran, rokok dapat merusak folikel pada rambut dan mempengaruhi produksi melanin. Sementara itu, nutrisi yang tidak seimbang atau kekurangan vitamin B2, tembaga, dan zat besi bisa mempengaruhi munculnya rambut beruban.

Walaupun kondisi ini tidak mengganggu kesehatan, namun cukup membuat risau dan kurang percaya diri. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang mencari cara untuk menghitamkan rambut secara alami.

Nah, biasanya cara yang digunakan untuk menghitamkan rambut beruban adalah menggunakan jintan hitam dan urang aring. Kedua bahan ini memang sudah tidak asing lagi untuk perawatan rambut. Jintan hitam adalah bahan rempah-rempah yang mengandung linoleic acid yang bisa mencegah penipisan sel pigmen pada folikel rambut. Nah, jika jintan hitam ini digunakan secara rutin bisa mencegah timbulnya uban. Sementara itu, urang aring atau memiliki nama lain yaitu lawsonia inermis ini merupakan tanaman tradisional yang biasa digunakan untuk mewarnai rambut secara alami.

Kini tak hanya menggunakan kedua bahan tersebut. Terdapat trik lain yang bisa kamu gunakan dan memakai dua bahan alami. Kali ini bahan yang dimaksud adalah daun oregano kering dan rosemary. Daun oregano ini memiliki kandungan berupa senyawa, seperti asam rosmarinic, flavonoid, dan antioksidan yang berguna untuk mengatasi kerusakan pada rambut. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga bisa melindungi folikel rambut dari kerusakan dan mencegah timbulnya uban.

Sementara itu, adanya daun rosemary dalam ramuan ini bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut, menghitamkan secara alami, dan menguatkan folikel. Hal ini dikarenakan bahan alami yang satu ini mengandung asam rosmarinic, asam karnosat, dan antioksidan.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES