Nggak perlu dry shampoo, begini cara hilangkan lepek pada kulit kepala berminyak pakai 1 jenis daun

Nggak perlu dry shampoo, begini cara hilangkan lepek pada kulit kepala berminyak pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Setiap kulit pada tubuh manusia pada dasarnya memiliki apa yang disebut kelenjar sebaceous yang berfungsi dalam memproduksi minyak alami pada kulit, termasuk pada kulit kepala. Ya, produksi minyak alami oleh kulit rambut ini pada dasarnya adala hal yang normal dan sehat.

Hal ini dikarenakan minyak alami tersebut, yang disebut sebum, berfungsi untuk melindungi kulit dan menjaga kelembapan rambut agar tidak gampang kering dan patah. Namun begitu, sama halnya dengan kulit wajah, terkadang kulit pada rambut pun dapat menghasilkan terlalu banyak minyak, sehingga mengakibatkan rambut terkesan lepek dan kotor.

Munculnya kondisi rambut lepek dan terkesan kotor ini pada dasarnya dapat dipengaruhi beberapa faktor. Hal-hal seperti perubahan hormon, stres berkepanjangan, hingga terlalu seringnya mencuci rambut sekalipun. Ya, mungkin ada banyak orang yang mengira bahwa membersihkan rambut dengan sering akan membuat kepala menjadi bersih dari minyak tersebut.

Padahal, yang terjadi justru adalah kelenjar minyak pada kepala akan semakin terpacu untuk memproduksi lebih banyak minyak alami lagi lho. Nah, apabila masalah ini terus dibiarkan, rambut akan menjadi rentan terhadap masalah lain seperti ketombe dan iritasi gatal pada kulit kepala

Namun, kamu nggak perlu khawatir kok. Selain kamu bisa membeli produk yang khusus dibuat untuk mengatasi masalah ini secara spesifik, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai jenis sumber alami yang efektivitasnya juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Khusus untuk menangani rambut lepek ini sendiri, kamu bisa menggunakan daun mint beserta yogurt sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @madinashrienzada di Instagram pada Kamis (6/7).

Nggak perlu dry shampoo  Instagram

foto: freepik.com

Daun mint merupakan daun yang terkenal akan kandungan senyawa yang bernama mentol yang bersifat memberikan sensasi dingin dan menyegarkan. Senyawa mentol ini bekerja dengan membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala, sehingga mengurangi kelebihan minyak pada rambut. Selain itu, daun mint juga memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang dalam prosesnya membantu mengurangi risiko peradangan pada kulit kepala yang kotor.

Nggak perlu dry shampoo  Instagram

foto: freepik.com

Sementara itu, yogurt merupakan hasil fermentasi susu yang mengandung asam laktat. Asam laktat disini berfungsi secara lembut membantu membersihkan kulit kepala dari kotoran dan sel-sel kulit mati tanpa mengeringkan kulit kepala. Kandungan probiotik dalam yogurt juga membantu menjaga keseimbangan mikrobiota kulit kepala serta mencegah pertumbuhan bakteri atau jamur yang menyebabkan masalah kulit kepala. Selain itu, yogurt juga memberikan hidrasi alami pada rambut, sehingga membuatnya tampak lebih berkilau dan sehat.

(brl/pep)

tags

STORIES