Nggak perlu dicabut, ini trik pudarkan uban di rambut agar kembali hitam pakai 1 jenis bunga

Nggak perlu dicabut, ini trik pudarkan uban di rambut agar kembali hitam pakai 1 jenis bunga

Brilio.net - Penuaan merupakan bagian dari fase hidup akhir yang akan dialami oleh setiap orang. Penuaan melibatkan penurunan fungsi dan kekuatan dari organ tubuh secara perlahan seiring bertambahnya usia. Kondisi ini kemudian memunculkan beberapa perubahan struktur dan tekstur, misalnya kulit yang awalnya tampak kencang elastis berubah menjadi penuh keriput. Pada rambut sendiri, penuaan ini ditunjukkan dengan munculnya uban.

Uban, atau yang sering disebut sebagai rambut putih, terjadi ketika rambut kehilangan pigmen warna melanin di folikelnya. Ini disebabkan oleh penurunan produksi pigmen warna melanin dari sel-sel melanosit yang memberi warna alami rambut. Akibatnya, rambut yang semula berwarna hitam akan berubah menjadi putih atau keabu-abuan seiring bertambahnya usia.

Proses munculnya uban pada rambut dapat bervariasi antara individu. Selain faktor umur dan genetik, kondisi stres yang dialami seseorang dapat mempercepat kemunculan uban akibat kemunculan hormon kortisol yang dapat mempercepat perubahan warna rambut Selain itu, para perokok juga ditemukan akan beruban lebih cepat karena sifat toksik dari rokok yang dapat merusak sel di dalam rambut.

Nah, meskipun tumbuhnya uban memang sulit dicegah, nyatanya kamu bisa memperlambat kemunculannya hanya menggunakan bahan-bahan alami saja lho. Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran bunga kembang sepatu dengan daun kari dan biji fenugreek, seperti diperagakan oleh @saryathakur97 di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Minggu (19/11).

Nggak perlu dicabut  Instagram

foto: freepik.com

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES