Nggak cuma pakai kopi, ini cara menyamarkan tampilan uban dengan tambahan 1 jenis buah

Nggak cuma pakai kopi, ini cara menyamarkan tampilan uban dengan tambahan 1 jenis buah

Brilio.net - Saat seseorang mulai menua atau memasuki usia lanjut, berbagai tanda penuaan juga akan muncul. Salah satunya muncul uban dan beberapa tanda penuaan kulit seperti keriput, garis halus, kulit kendur, serta flek hitam di beberapa bagian wajah. Dari berbagai tanda penuaan tersebut, munculnya uban dianggap sebagian orang cukup mengganggu penampilan, sehingga banyak yang mencari cara untuk menyamarkan tampilan uban.

Pasalnya, uban dapat membuat penampilan seseorang jadi terlihat lebih tua dari usia aslinya. Tak hanya dialami orang lanjut usia saja, anak muda atau remaja juga bisa mengalami tumbuhnya uban. Hal ini disebut dengan uban prematur. Uban sendiri adalah kondisi munculnya helaian rambut berwarna putih keabu-abuan ketika seseorang memasuki usia 30 tahun ke atas, dan akan bertambah banyak seiring bertambahnya usia.

Kondisi tersebut terjadi karena semakin menua usia seseorang, produksi melanin pada folikel rambut juga akan mengalami penurunan. Hal tersebutlah yang menyebabkan rambut tidak mendapatkan pigmen yang sempurna. Selain karena faktor penuaan, uban yang tumbuh juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti genetik, perubahan hormonal, paparan sinar matahari, kurangnya perawatan rambut, terlalu sering melakukan styling menggunakan alat pemanas dan pewarna kimia, penggunaan hair care yang tidak cocok, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, tak sedikit orang yang memanfaatkan semir rambut yang dijual di pasaran atau menyemir di salon. Cara ini memang efektif untuk menyamarkan tampilan uban, namun memiliki efek samping yang kurang baik bagi kesehatan rambut. Pasalnya, semir yang digunakan mengandung bahan kimia yang cukup keras, sehingga dapat merusak kesehatan rambut jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES