Modal Rp 5.000, ini trik membuat hair oil untuk atasi rambut rontok berlebih pakai 1 jenis tanaman

Modal Rp 5.000, ini trik membuat hair oil untuk atasi rambut rontok berlebih pakai 1 jenis tanaman

Brilio.net - Ketika menyisir rambut, sejumlah orang mungkin menemukan helaian rambut yang tertinggal dengan jumlah cukup banyak. Kondisi ini menggambarkan bahwa rambu sedang rontok parah dan kulit kepala dalam keadaan yang kurang sehat. Tentu ini menimbulkan rasa khawatir bagi banyak orang, karena bisa saja kerontokan parah berujung pada kebotakan.

Pemicu kerontokkan rambut berlebih ini bisa berasal dari berbagai sumber. Faktor pertama bisa datang dari genetik. Rambut rontok berlebih seringkali memiliki komponen genetik. Kondisi ini disebut alopecia androgenetik dan cenderung lebih sering terjadi pada pria, tetapi juga dapat memengaruhi wanita. Faktor genetik ini membuat folikel rambut menjadi sensitif terhadap hormon dihidrotestosteron (DHT) yang dapat menyebabkan penurunan pertumbuhan rambut.

Selain faktor tersebut, adanya perubahan hormon saat masa kehamilan, persalinan, dan menopause juga bisa memicu terjadinya kerontokkan. Faktor lain, seperti stres juga ikut andil dalam hal ini. Pasalnya, stres fisik dan emosional yang berkepanjangan dapat memengaruhi siklus pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Ada beberapa cara ampuh yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Salah satunya adalah merawat menggunakan hair oil yang terbuat dari bahan alami.

Nah, cara ini digunakan oleh seorang wanita yang membagikan triknya melalui media sosial Instagram Cittaf. Dalam video berdurasi beberapa menit itu, dia hanya memerlukan modal kurang lebih Rp 5.000. Modal tersebut digunakan untuk membeli satu pack tanaman rosemary.

"Udah dari awal tahun pake rosemary buat ngatasin rambut rontok, and it works well di rambut aku," tulisnya, dikutip briliobeauty.net dari Instagram Cittaf, Minggu (22/10).

Rosemary atau tanaman yang memiliki nama lain rosmarinus officinalis, merupakan tanaman herbal yang dikenal karena berbagai manfaat kesehatannya, termasuk untuk merawat rambut. Tanaman ini mengandung sifat stimulan yang bisa meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Hal ini membantu menyuplai lebih banyak oksigen dan nutrisi pada folikel rambut, sehingga mendukung pertumbuhan.

Selain itu, sifat antiinflamasi di dalam daun ini mampu meredakan peradangan pada kulit kepala. Bahkan bisa membersihkan kulit kepala dari ketombe dan kotoran lainnya.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES