Modal di bawah Rp 30 ribu, ini cara atasi ketombe basah pakai hair oil dari 2 jenis tanaman

Modal di bawah Rp 30 ribu, ini cara atasi ketombe basah pakai hair oil dari 2 jenis tanaman

Brilio.net - Ada dua jenis ketombe yang kerap dialami banyak orang, yaitu kering dan basah. Ketombe basah atau biasa dikenal seborrheic dermatitis, merupakan kondisi kulit kepala yang memerah, gatal, bersisik, dan terkadang berminyak.

Kondisi ini disebabkan jamur malassezia, dimana kemunculannya mengganggu keseimbangan pH dan menyebabkan reaksi pada kulit yang tidak normal. Tidak hanya itu, produksi minyak berlebihan pada kulit kepala juga membuat perkembangan jamur tersebut menyebar dengan cepat.

Kamu bisa mencegah perkembangan jamur malassezia menggunakan berbagai perawatan. Salah satu yang paling umum digunakan adalah produksi sampo antiketombe. Jenis sampo ini mengandung seng pirition atau ketoconazole yang bisa mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Selain memakai sampo antiketombe, kamu bisa memaksimalkan perawatan dengan mengaplikasikan hair oil ke permukaan rambut. Biasanya hair oil ini terbuat dari bahan-bahan alami, seperti minyak kemiri dan minyak kelapa yang bisa menjaga kelembapan rambut secara alami dan mengatasi berbagai masalah kulit kepala.

Untuk mendapatkan hair oil tersebut kamu tak perlu membelinya di salon kecantikan. Kamu bisa membuat hair oil sendiri di rumah dengan memanfaatkan dua jenis tanaman yaitu rosemary dan peppermint.

Rosemary ini memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan iritasi kulit kepala yang sering terjadi karena ketombe basah. Lalu, adanya sifat pembersih alami di dalam rosemary ini mampu menghilangkan sel kulit mati dan kotoran. Aroma rosemary juga dapat membuat rambut terasa lebih segar.

Peppermint sebagai bahan tambahan bisa memberikan efek pendinginan dan penyegaran pada kulit kepala. Sifat antijamur di dalam bahan ini dapat mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe, meredakan iritasi, dan membersihkan folikel rambut.

Bahan tambahan lainnya yaitu minyak kedelai dan castrol oil, mengandung sifat antiinflamasi sehingga dapat meredakan peradangan dan melembapkan rambut. Di sisi lain, sifat antijamur di dalam castor oil ini mampu mengatasi ketombe basah.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES