Hitam alami tanpa pewarna kimia, ini trik bikin uban berkurang pakai 1 jenis biji rempah

Hitam alami tanpa pewarna kimia, ini trik bikin uban berkurang pakai 1 jenis biji rempah

Brilio.net - Rambut sejatinya memainkan peran vital dalam mendukung penampilan seseorang. Hal ini membuat banyak orang resah ketika rambut mereka mengalami masalah. Problematika seperti kerontokan hingga kusut yang membuat rambut sulit diatur menjadi beberapa diantara masalah yang sering datang. Di luar itu, ternyata uban juga menjadi permasalahan yang dinilai mengganggu keindahan rambut.

Uban atau rambut putih, merupakan salah satu proses penuaan yang paling umum terjadi selain wajah keriput. Proses pembentukan uban berkaitan erat dengan berkurangnya produksi melanin, atau pigmen warna, dalam folikel rambut seiring bertambahnya usia. Lama-kelamaan, proses ini membuat pasokan warna yang dibawa ke rambut berkurang dan memunculkan warna putih.

Walau biasanya baru muncul di fase usia lanjut, nyatanya uban juga bisa muncul lebih cepat. Dalam salah satu artikel penelitian di laman MD Hair, paparan sinar UV dari matahari dan kondisi stress dapat merusak folikel rambut dan mempercepat terjadinya penuaan sejauh 3 kali lipat. Tak hanya itu, kekurangan asupan vitamin dan mineral juga berpotensi membuat uban bisa timbul di usia dini.

Untuk mengatasi masalah di atas, banyak orang memilih untuk kembali mewarnai rambut mereka dengan pewarna berbahan kimia. Namun, banyak risiko terkait dengan penggunaan pewarna rambut kimia yang dapat merusak rambut dan kulit kepala, seperti memicu alergi, kerontokan berlebih, dan sebagainya. Selain itu, penggunaan terus-menerus pewarna rambut dapat menjadi proses yang mahal dan memakan waktu.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES