Hitam alami tanpa cat rambut, ini trik kurangi tumbuhnya uban prematur pakai 1 jenis minuman

Hitam alami tanpa cat rambut, ini trik kurangi tumbuhnya uban prematur pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Munculnya uban di kepala merupakan indikasi berlangsungnya proses penuaan pada tubuh. Uban atau rambut putih biasanya akan muncul secara bertahap dan akan tampak semakin lebat seiring bertambahnya usia. Walaupun uban cenderung tumbuh di pertengahan usia 40-an, ada banyak kasus uban muncul di kala umur seseorang masih tergolong muda. Kasus inilah yang disebut sebagai uban prematur.

Penyebab utama munculnya uban adalah penurunan kemampuan rambut dalam memproduksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut. Seiring bertambahnya usia, fungsi tubuh secara umum mengalami penurunan, termasuk produksi melanin pada rambut. Jumlah melanin yang berkurang ini lama-kelamaan akan membuat rambut kehilangan warna aslinya dan perlahan akan berubah menjadi putih.

Tak hanya itu, masalah rambut beruban juga seringkali dibarengi dengan kondisi rambut yang kering dan rontok. Pasalnya, melanin memiliki peran penting dalam melindungi rambut dari kerusakan akibat radiasi sinar matahari. Berkurangnya jumlah melanin ini kemudian berdampak pada berkurangnya hidrasi di kulit kepala dan rambut, sehingga dapat memicu kerusakan dan kerontokan rambut.

Selain paparan sinar matahari, faktor lain seperti defisiensi vitamin, kebiasaan merokok, dan stres juga dapat memengaruhi sirkulasi darah ke rambut. Sirkulasi darah yang kurang baik di area kepala dapat menghambat proses dihantarkannya nutrisi yang diperlukan oleh rambut. Akibatnya, hal ini dapat mempercepat kemunculan uban dan merusak rambut secara lebih cepat.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES