Hilangkan lepek dan ketombe, begini cara mengatasi rambut berminyak pakai masker dari 3 bahan alami

Hilangkan lepek dan ketombe, begini cara mengatasi rambut berminyak pakai masker dari 3 bahan alami

Brilio.net - Sebum di kulit kepala adalah minyak alami yang berfungsi menjaga kelembapan dan memberikan kesan berkilau pada rambut kamu. Akan tetapi, ada kalanya produksi minyak yang dihasilkan justru berlebihan dan menyebabkan rambut berminyak dan lepek.

Rambut berminyak atau lepek kerap mengganggu penampilan karena akan terasa lengket, terutama di bagian tengah hingga ujungnya. Rambut juga jadi terlihat tipis dan tidak bervolume. Pada dasarnya, penyebab rambut berminyak adalah meningkatnya produksi sebum yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous pada kulit kepala.

Tidak hanya itu, produksi sebum meningkat juga bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya karena stres, hormonal, mengidap penyakit tertentu, diet yang terlalu ketat, genetik, atau pemakaian produk perawatan rambut yang kurang tepat bisa jadi ciri ciri rambut berminyak.

Belum lagi jika kamu merupakan seseorang dengan aktivitas yang padat setiap hari, misalnya berkendara dengan kendaraan roda dua yang mengharuskan kamu menggunakan helm. Faktanya, hal ini bisa bikin kulit kepala memproduksi berminyak dalam jumlah berlebih dan berujung pada rambut lepek dan bau. Ditambah lagi adanya penumpukan keringat, debu, dan polusi.

Memang tidak dapat dipungkiri jika rambut yang berminyak akan menjadikan penampilan kamu tidak lagi menarik. Rambut menjadi terlihat lepek, tidak berbentuk, berketombe, hingga mudah sekali mengalami kerontokan menjadi masalah yang sering mengiringi. Jika kamu memiliki masalah dengan rambut berminyak, tak perlu risau.

Pasalnya, kamu bisa mengatasinya dengan memilih sampo yang diformulasikan untuk rambut berminyak. Namun, untuk memaksimalkan hasilnya, kamu juga bisa kok memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitarmu. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @afsennah pada (28/1/2021) lalu.

Cara mengatasi rambut berminyak pakai masker dari 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Dalam video unggahannya tersebut, ia memberikan cara mengatasi rambut berminyak pakai masker dari 3 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah perasan air lemon, yoghurt, dan kuning telur.

"Greasy Oily Hair? Let me teach you how to get rid of it! (Rambut sangat Berminyak? Biarkan saya mengajari kamu cara menghilangkannya!)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @afsennah, Selasa (23/5).

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES