Cuma perlu 2 bahan dapur, trik hempas kerak ketombe di rambut ini bikin kepala auto bebas gatal

Cuma perlu 2 bahan dapur, trik hempas kerak ketombe di rambut ini bikin kepala auto bebas gatal

Brilio.net - Rambut rentan mengalami berbagai permasalahan, salah satunya yakni munculnya ketombe. Munculnya ketombe secara ilmiah dipicu oleh pertumbuhan jamur Malassezia secara berlebihan pada kulit kepala. Nah, ketombe ini menyebabkan rasa gatal berlebih di kepala yang menganggu aktivitas sehari-hari.

Selain itu, penampakan bintik-bintik putih pada rambut tentu kurang enak dilihat. Munculnya ketombe sendiri umumnya juga dipicu oleh masalah kulit kepala, seperti terlalu berminyak atau terlalu kering. Kedua kondisi tersebut seringkali membuat jamur Malassezia berkembang biak semakin besar.

Jenis jamur malassezia ini menghambat pelepasan sel kulit mati sehingga menghasilkan kumpulan bintik putih yang tampak lebih jelas. Kamu juga bisa mengalaminya di bagian tubuh lain seperti belakang telinga, alis, atau lipatan wajah. Apalagi ketombe yang kamu alami adalah ketombe berkerak yang memang sedikit lebih sulit untuk menghilangkannya. Tak jarang pula dibarengi dengan rambut rontok cukup parah.

Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, tentunya selain menggunakan sampo antiketombe ya. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapurmu. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @ankitamehtashah pada (18/9/2022) lalu.

trik hempas kerak ketombe di rambut  TikTok

foto: freepik.com

Melalui video unggahan yang berdurasi 43 detik tersebut pemilik akun membagikan cara menghilangkan kerak ketombe pakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah lemon dan yoghurt.

"Homemade hair mask for dandruff (Masker rambut buatan sendiri untuk ketombe)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @ankitamehtashah, Senin (27/11).

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES