Cuma pakai 5 jenis daun, begini cara atasi rontok berlebih akibat hair care tidak cocok

Cuma pakai 5 jenis daun, begini cara atasi rontok berlebih akibat hair care tidak cocok

Brilio.net - Kerontokan rambut tidak hanya disebabkan oleh stres dan gaya hidup yang buruk saja. Namun perawatan rambut dengan menggunakan produk hair care yang tidak cocok menjadi masalah bagi banyak orang. Penyebabnya adalah hair care yang kita gunakan tidak cocok dengan jenis rambut dan mengandung bahan kimia terlalu keras.

Dampaknya adalah kerusakan pada helai rambut, seperti kekeringan, kerapuhan, dan mudah patah. Bahan kimia seperti alkohol tinggi dapat merusak lapisan pelindung alami rambut. Nah, hal tersebutlah yang menyebabkan kerontokan berlebih.

Tidak hanya itu, kandungan pewangi di dalam hair care juga dapat menyebabkan kulit kepala iritasi dan mengganggu keseimbangan pH kulit. Dampak dari bahan tersebut tidak hanya itu, bahan kimia tersebut membuat kulit kepala menjadi gatal dan berketombe.

Lantas bagaimana jika kerontokan karena penggunaan produk tidak cocok sudah terjadi? Salah satu solusinya yaitu dengan menghentikan penggunaan produk tersebut dan mulailah dengan perawatan rambut alami. Untuk itu, kamu bisa merawat rambut dengan menggunakan hair oil yang terbuat dari jenis daun.

Dalam video yang dibagikan oleh pengguna YouTube She Cooks, Selasa (20/6), ia menggunakan lima jenis daun yaitu daun mehndi, betel, tulsi, kembang sepatu, dan neem. Kelima daun tersebut memiliki manfaat dan kandungannya masing-masing.

Bahan pertama yaitu daun mehndi mengandung zat alami. Kandungan tersebut membantu memperkuat akar rambut dan mengurangi kerontokan. Bahkan adanya sifat antijamur dan antibakteri membantu mengatasi ketombe serta menjaga kesehatan kulit kepala.

Lalu, daun betel mengandung senyawa seperti asam asetat dan seskuiterpen. Kedua kandungan tersebut dapat merangsang sirkulasi darah di kulit kepala, memperkuat akar, dan mendorong pertumbuhan rambut. Di sisi lain, sifat antijamur dan antibakteri daun betel membantu mengatasi ketombe.

(brl/lea)

tags

STORIES