Cuma pakai 2 bahan dapur, trik remaja wanita hilangkan kerak ketombe ini bikin kepala bebas gatal

Cuma pakai 2 bahan dapur, trik remaja wanita hilangkan kerak ketombe ini bikin kepala bebas gatal

Brilio.net - Selain rambut rontok, salah satu permasalahan kulit kepala yang cukup meresahkan adalah ketombe. Tak hanya menimbulkan rasa gatal, kondisi ini juga akan membuat rambut kotor akibat guguran kerak ketombe. Ada berbagai faktor yang menyebabkan munculnya ketombe, seperti kulit kepala yang terlalu berminyak atau terlalu kering, infeksi jamur di kulit kepala, jarang mencuci rambut, dan psoriasis.

Selain itu, penampakan bintik-bintik putih pada rambut tentu kurang enak dilihat. Dari berbagai penyebab ketombe di atas, masalah kulit kepala, seperti terlalu berminyak atau terlalu kering sehingga kemungkinan jamur Malassezia berkembang biak bisa semakin besar.

Jenis jamur malassezia ini menghambat pelepasan sel kulit mati sehingga menghasilkan kumpulan bintik putih yang tampak lebih jelas. Kamu juga bisa mengalaminya di bagian tubuh lain seperti belakang telinga, alis, atau lipatan wajah. Apalagi ketombe yang kamu alami adalah ketombe berkerak yang memang sedikit lebih sulit untuk menghilangkannya. Tak jarang pula dibarengi dengan rambut rontok cukup parah.

Ketombe berkerak ini akan menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan, sehingga kebanyakan orang akan secara reflek menggaruknya. Nah, jika terlalu keras saat menggaruk, maka kulit kepala akan terluka dan menimbulkan iritasi. Kondisi ini tentu saja akan memperparah kesehatan rambut dan kulit kepala.

Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, tentunya selain menggunakan sampo antiketombe ya. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapurmu. Seperti yang dibagikan oleh remaja wanita melalui akun TikTok pribadinya @ankitamehtashah pada (18/9/2022) lalu.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES