Cuma butuh 1 jenis buah, ini trik atasi rambut keriting yang kering agar lebih lembut dan mudah diatur

Cuma butuh 1 jenis buah, ini trik atasi rambut keriting yang kering agar lebih lembut dan mudah diatur

Brilio.net - Setiap orang pasti memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Begitupun dengan perawatannya, setiap jenis rambut memiliki perawatan yang berbeda pula. Perawatan rambut keriting tidak semudah merawat rambut lurus sebab jenis rambut ini cenderung lebih mudah kusut dan sulit diatur.

Punya rambut keriting sekaligus kering terkadang membuat sebagian orang tidak percaya diri. Selain itu, rambut yang kering juga cenderung mudah rontok dan terlihat kusam. Rambut kering biasanya disebabkan oleh udara dingin, salah menggunakan produk rambut, dan sering melakukan styling rambut.

Rambut menjadi kering jika kulit kepala tidak memproduksi cukup sebum. Sebum merupakan minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala. Fungsinya untuk menjaga rambut tetap lembap dan lembut, sehingga tidak mudah kusut. Kondisi rambut kusut disebabkan oleh gesekan antara helaian rambut yang kekurangan minyak.

Rambut yang tebal, bergelombang, atau keriting cenderung lebih kering sehingga lebih mudah kusut. Semakin keriting struktur rambut, semakin besar pula potensi keringnya. Hal ini karena sebum lebih sulit menempel pada batang rambut yang keriting.

Sebenarnya, perawatan rambut kering pada jenis rambut ini tidak jauh berbeda dengan perawatan pada umumnya. Kamu bisa pergi ke salon kecantikan untuk melakukan perawatan rambut atau menggunakan berbagai produk haircare yang diformulasikan untuk mengatasi rambut kering.

Salah satu yang bisa kamu andalkan adalah masker rambut. Hair mask atau masker rambut bisa dibeli di pasaran, namun tak ada salahnya jika kamu membuat sendiri di rumah hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitarmu.

Sama halnya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @lynnkate pada (11/6/2021) lalu. Dalam videonya, ia memberikan trik mengatasi rambut keriting yang kering agar lebih lembut dan mudah diatur pakai 1 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah pisang. Selain pisang, pemilik akun juga menambahkan bahan lain, seperti telur, madu, dan minyak zaitun.

"DIY HAIR MASK for DRY CURLS (MASKER RAMBUT DIY untuk KERITING KERING)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @lynnkate, Selasa (18/4).

Trik atasi rambut keriting yang kering pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Pisang ternyata tak hanya lezat untuk disantap. Buah warna kuning ini ternyata memiliki potensi manfaat untuk menyehatkan rambut. Manfaat pisang untuk rambut berasal dari kandungan silika, yakni suatu jenis mineral yang dapat membuat rambut jadi lebih kuat dan tebal. Silika dapat diserap oleh tubuh untuk memproduksi kolagen, yakni sejenis protein yang mampu membuat rambut sehat agar lebih mudah diatur dan tidak kusut.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES